Analisis Penerapan Aspek Formal Perencanaan Pajak Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak (Studi Pada 48 Wajib Pajak Badan Di Wilayah KPP Madya Bandung)

Lingga Puspita, Tia (2010) Analisis Penerapan Aspek Formal Perencanaan Pajak Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Formal Wajib Pajak (Studi Pada 48 Wajib Pajak Badan Di Wilayah KPP Madya Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Aspek formal perencanaan pajak mempengaruhi kepatuhan formal wajib pajak, apabila aspek formal perencanaan pajak baik maka kepatuhan formal wajib pajak pun akan ikut meningkat. Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui penerapan aspek formal perencanaan pajak yang mempengaruhi kepatuhan formal wajib pajak badan di wilayah KPP Madya Bandung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Untuk mengetahui pengaruhnya digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang memakai aplikasi SPSS 15.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,726, yang menunjukan bahwa aspek formal perencanaan pajak memiliki peranan yanng signifikan dan positif dalam menguji kepatuhan formal wajib pajak badan, hal ini menunjukan terdapat hubungan yang kuat/erat antara aspek formal perencanaan pajak dengan kepatuhan formal wajib pajak badan. Dapat disimpulkan bahwa aspek formal perencanaan pajak berperan dalam menguji kepatuhan formal wajib pajak badan, peranannya sebesar 52,6% dan sebesar 47,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yakni aspek material dalam perencanaan pajak seperti pelaporan objek pajak yang benar dan lengkap harus bebas dari berbagai rekayasa negatif serta penghindaran sanksi pajak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pajak, Aspek Formal Perencanaan Pajak, Kepatuhan Formal Wajib Pajak Badan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item