Meningkatkan Realibilitas Jaringan Client Server Dengan Metode Virtual Router Redudancy Protocol (VRRP) Berbasis Mikrotik OS

Tri Muhhaer, Dhery (2016) Meningkatkan Realibilitas Jaringan Client Server Dengan Metode Virtual Router Redudancy Protocol (VRRP) Berbasis Mikrotik OS.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Infomedia Nusantara adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa layanan contact center dan merupakan perusahaan yang berada di lingkungan Telkom Group, yang saat ini memiliki banyak mitra bisnis yang diantaranya bergerak dibidang komunikasi, kesehatan, transportasi dan perbankan. Didalam mengelola bisnis contact center PT. Infomedia Nusantara berpusat di Jakarta serta memiliki cabang dikota-kota besar seperti Bandung, Surabaya dan Medan yang saling terintegrasi melalui jaringan Metro Ethernet (Metro-E) dalam pertukaran data dan akses aplikasi. Selama periode tahun 2015 seringnya terdapat kasus link utama mengalami kegagalan yang diakibatkan oleh cuaca maupun perbaikan jalur link oleh provider penyedia layanan Metro-E serta kerusakan perangkat jaringan yang berakibat pada tidak bisa diaksesnya aplikasi yang digunakan contact center PT. Infomedia Nusantara site Bandung yang bersumber dari kantor pusat. Langkah pertama yang dilakukan jika link utama mengalami kegagalan adalah dengan merubah secara manual dengan cara menukar kabel jaringan pada router dari link utama ke link backup, agar jalur link backup mengambil alih peran (failover) link utama yang mengalami kegagalan. Namun pada perpindahan dari link utama ke link backup, seringkali membutuhkan waktu perpindahan link pada router yang memakan waktu lama serta tidak termonitoring secara realtime pada saat jaringan berkendala. Hal tersebut tentu saja mengurangi nilai availability dan reliability. Mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan cara diterapkannya protokol redudant yaitu Virtual Router Redudancy Protocol (VRRP), dimana VRRP adalah sebuah protokol untuk menentukan proses redudant router dalam suatu network dengan melakukan pemilihan master router dan backup router berdasarkan priority. Pada link utama dan backup melewati router yang berbeda tetapi dengan Virtual Router Identifier (VRID) yang sama. Solusi yang diusulkan pada PT. Infomedia Nusantara ini adalah menyediakan jaringan router backup. Tujuan utama menyediakan jaringan router backup adalah untuk meningkatkan reliabilitas pelayanan jaringan dengan meminimalisir waktu downtime.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Reliabilitas, Jaringan Client-Server, Virtual Router Redudancy Protocol, Mikrotik.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item