Implementasi Logika Fuzzy Untuk Menentukan Nilai Intensitas Cahaya Lampu Dan Kecepatan Pintu Pada Game Resistansi Listrik

Fahlevi, Reza (2016) Implementasi Logika Fuzzy Untuk Menentukan Nilai Intensitas Cahaya Lampu Dan Kecepatan Pintu Pada Game Resistansi Listrik.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game Simulasi merupakan salah satu jenis game yang menuntut pemain secara langsung untuk melakukan suatu hal secara aktif. Game Simulasi dapat di adaptasi dari situasi atau keadaan yang ada di dunia nyata. Pada tegangan dan arus listrik terdapat simulasi mengenai besaran tegangan dan besaran arus yang masuk terhadap objek seperti Lampu penerangan dan pintu (Rolling Door Electric), dalam kontrol lampu umumnya digunakan prinsip on-off dan kontrol pintu digunakan prinsip buka-tutup, dengan prinsip tersebut menjadi suatu masalah ketika tegangan dan arus yang masuk tidak sesuai dengan spesifikasi lampu dan pintu, sehingga menyebabkan intensitas cahaya lampu yang tidak sesuai (Mati, Kedip, Redup dan Pecah) dan pergerakan kecepatan pintu terbuka yang tidak sesuai (Sangat Lambat dan Lambat). Atas permasalahan tersebut maka dibangun pada game simulasi resistansi listrik dengan menerapkan algoritma logika fuzzy, Pada game ini terdapat 2 variabel Tegangan dan variable Arus. Implementasi algoritma logika fuzzy pada game simulasi resistansi listrik dapat menentukan sebuah keputusan intensitas cahaya lampu dan kecepatan pintu terbuka. Game ini memiliki tujuan agar aksi intensitas cahaya lampu dan kecepatan pintu sesuai dengan paramater tegangan dan arus listrik yang masuk. Dimana pemain harus menyalakan lampu dengan intensitas cahaya terang dan membuka pintu dengan kecepatan pintu cepat dengan mengontrol besaran tegangan dan arus listrik yang akan masuk pada lampu dan pintu menggunakan hambatan listrik. Adapun model yang digunakan dalam logika fuzzy yaitu model Tsukamoto. Setelah tahap implementasi selesai, maka dilakukan tahap pengujian terhadap game. Pengujian disesuaikan pada tingkat kesesuaian defuzifikasi dengan variabel yang sudah ditetapkan. Setelah dilakukan pengujian maka di dapatkan kesimpulan bahwa rule yang di uji telah sesuai dengan perancangan dan logika fuzzy dapat menghasilkan keputusan aksi intensitas cahaya lampu dan kecepatan pintu yang sesuai berdasarkan tegangan dan arus listrik yang masuk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Logika Fuzzy, Kecerdasan Buatan, Intensitas Cahaya Lampu, Kecepatan Pintu Terbuka.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item