Pembangunan Aplikasi Pengenalan Aksara Arab Melayu Menggunakan Algoritma Freeman Chain Code Dan Support Vector Machine (SVM)

Riyanda, Raju (2016) Pembangunan Aplikasi Pengenalan Aksara Arab Melayu Menggunakan Algoritma Freeman Chain Code Dan Support Vector Machine (SVM).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Aksara arab melayu merupakan salah satu bentuk penulisan yang ditulis menggunakan aksara Arab Hijaiyah.Meskipun menggunakan aksara Arab, pembacaan dan penulisannya menggunakan tata bahasa Indonesia. Penulisan aksara arab melayu dilengkapi dengan konsonan abjad Indonesia yang ditulis dengan aksara Arab yang telah dimodifikasi.Dalam penulisan aksara arab melayu ini ada beberapa huruf yang berbeda dari huruf hijaiyah sebagai huruf tambahan. Pembangunan aplikasi pengenalan aksara arab melayu menggunakan algoritma freeman chain code sebagai ekstraksi ciri dan support vector machine (SVM) sebagai pengklasifikasiannya. Freeman chain code bekerja dengan cara menelusuri piksel-piksel objek yang terhubung menggunakan panduan 8 arah mata angin.Sedangkan SVM adalah proses pengklasifikasian terhadap hasil ekstraksi ciri yang dihasilkan.Keluaran dari aplikasi adalah huruf arab melayu serta pelafalannya dalam bentuk huruf rumawi. Hasil analisis menunjukkan bahwa algoritma freeman chain code dan SVM dapat bekerja dengan baik pada aplikasi.Dari hasil percobaan yang telah dilakukan terhadap beberapa karakter uji, dapat diketahui bahwa hasil pengenalan karakter uji dipengaruhi oleh ukuran, goresan (stroke ) tulisan pada karakter dan kemiringan. Semakin kecil ukuran karakter, maka waktu pengenalan akan semakin cepat. Sedangkan goresan (stroke) tulisan pada karakter uji dan kemiringan pada karakter uji akan mengubah nilai chain code sehingga diperlukan data latih yang cukp banyak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: arab melayu, arab Hijaiyah, huruf rumawi, freeman chain code, support vector machine
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item View Item