Analisis Pemberian Kredit Umum Pedesaaan (KUPEDES) Pengaruhnya Terhadap Perolehan Laba Operasional Pda Pt.Bank Rakyat Indonesia (PERERO)

Sukendi, (2010) Analisis Pemberian Kredit Umum Pedesaaan (KUPEDES) Pengaruhnya Terhadap Perolehan Laba Operasional Pda Pt.Bank Rakyat Indonesia (PERERO).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kredit merupakan semua jenis pinjaman yang harus dibayar kembali bersama bunga oleh peminjam dengan perjanjian yang telah disepakati antara pihak bank dengan pihak peminjam. Melalui pemberian kredit ini maka bank memperoleh bunga kredit yang merupakan pendapatan operasional bank dari kegiatan bank. Pendapatan operasional ini kemudian dikurangi dengan biaya operasional sehingga didapatlah laba operasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian Kredit Umum Pedesaan (Kupedes), perolehan laba operasional dan seberapa besar pengaruh pemberian Kupedes terhadap perolehan laba operasional pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pamanukan Unit Pamanukan Kota pada periode tahun 2003-2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh pemberian Kupedes terhadap perolehan laba operasional digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah penggunaan regresi linier, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi SPSS 15.0 for Windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Berdasarkan hasil perhitungan didapat besarnya tingkat keeratan hubungan (korelasi) yang sangat kuat yaitu sebesar 0,858. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel. Nilai tersebut mengandung arti bahwa pemberian Kupedes mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perolehan laba operasional. Besarnya pengaruh pemberian Kupedes terhadap perolehan laba operasional adalah sebesar 73,7 %, sedangkan sisanya sebesar 26,3 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diantaranya sumber dana pihak ketiga (DPK), jangka waktu angsuran kredit dan kredit macet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kredit, Pemberian Kupedes dan Laba Operasional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15595

Actions (login required)

View Item View Item