Analisis Akuisisi Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Kasus Pada 7 Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyaningsih, Wiwin (2010) Analisis Akuisisi Dampaknya Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Kasus Pada 7 Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Terdapat beberapa perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mengalami penurunan kinerja keuangan perusahaan setelah akuisisi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis beberapa perusahaan manufaktur yang melakukan akuisisi pada tahun 2005-2006. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi, dan dampak akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur periode tahun 2008 sebanyak 146 perusahaan dan sampel terpilih sebanyak 7 perusahaan, data yang dianalisis meliputi laporan keuangan triwulanan dua tahun sebelum akuisisi dan dua tahun sesudah akuisisi sehingga keseluruhan dari sampel yaitu 112 sampel laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah multivariat analysis of variance (Manova). Untuk mengetahui dampak/pengaruh akuisisi terhadap kinerja keuangan perusahaan digunakan uji F dan aplikasi SPSS 15 untuk memperkuat perhitungan secara manual. Dari hasil penelitian di dapat Nilai partial eta squared maka diputuskan untuk menerima Ho dan menolak Ha, artinya tidak terdapat pengaruh akuisisi terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2003-2008. Hal ini disebabkan karena data kinerja keuangan ketujuh perusahaan mengalami perubahan dengan arah yang berlawanan setelah diakuisisi, dimana ada perusahaan yang kinerjanya mengalami penurunan setelah diakuisisi dan ada juga perusahaan yang kinerja keuangannya mengalami peningkatan setelah diakuisisi. Agar tidak keliru dalam mengambil kesimpulan maka pengujian dilanjutkan terhadap masing-masing perusahaan dan diperoleh hasil yang signifikan pada PT. BAT Indonesia, PT. Kalbe Farma, PT. Surya Toto dan PT. Sarasa Nugraha. Sedangkan sisanya yaitu PT. Ades, PT. Astra, dan PT. Selamat Sampurna tidak signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akuisisi, Kinerja Keuangan, Dampak Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15597

Actions (login required)

View Item View Item