Pengaruh Biaya Produksi Susu Terhadap Profitabilitas (Margin SHU Kotor) Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Cisarua Bandung

Fajar Wati, Tri (2010) Pengaruh Biaya Produksi Susu Terhadap Profitabilitas (Margin SHU Kotor) Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Cisarua Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Biaya merupakan komponen yang sangat penting dalam pertimbangan kebijakan suatu perusahaan mengambil keputusan. Semua kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan tidak akan terlepas dari sejumlah biaya yang dikeluarkan. Salah satu komponen biaya yang dikeluarkan adalah biaya produksi yaitu jumlah dari tiga elemen biaya: bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik. Biaya merupakan salah satu faktor yang akan turut mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan, yaitu dengan menghitung tingkat profitabilitas (margin SHU kotor) yang merupakan perbandingan antara laba kotor dengan penjualan pada periode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan biaya produksi susu pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Cisarua Bandung, untuk mengetahui perkembangan profitabilitas (margin SHU kotor) pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Cisarua Bandung, untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya produksi susu terhadap profitabilitas (margin SHU kotor) pada Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti Cisarua Bandung. Berdasarkan sifat masalah diatas maka penulis memilih metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dalam memecahkan permasalahan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penilitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini data yang dianalisis bersumber dari laporan keuangan KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung tahun 2001 - 2008. Hasil penelitian mengenai pengaruh biaya produksi susu terhadap profitabilitas (margin SHU kotor) pada KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung, menyatakan bahwa biaya produksi susu rata-rata mengalami penurunan, hal ini disebabkan menurunnya produksi susu dari peternak. Profitabilitas (margin SHU kotor) pun mengalami penurunan, disebabkan oleh turunnya perolehan SHU kotor dan meningkatnya penjualan. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh koefisien korelasi antara biaya produksi susu dengan profitabilitas (margin SHU kotor) yang menunjukkan korelasi negatif dan rendah yaitu sebesar -0,396. Koefisien determinasi sebesar 15,682%, nilai tersebut mengandung pengertian bahwa pengaruh biaya produksi susu terhadap profitabilitas (margin SHU kotor) adalah sebesar 15,682%. Hasil pengujian hipotesis nilai thitung sebesar -1,056 dan nilai ttabel 2,447. Hal ini menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan penulis H0 diterima maka H1 ditolak, artinya biaya produksi susu berpengaruh tidak signifikan atau pengaruhnya kecil terhadap profitabilitas (margin SHU kotor).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi, Profitabilitas (Margin SHU Kotor), dan Laporan Keuangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15657

Actions (login required)

View Item View Item