Persepsi Wartawan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Terhadap Kualitas Isi Berita Di Website Pemerintah Daerah Kabupaten Garut

Hasan, Andi (2012) Persepsi Wartawan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Terhadap Kualitas Isi Berita Di Website Pemerintah Daerah Kabupaten Garut.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Persepsi Wartawan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Terhadap Kualitas Isi Berita Di Website Pemerintah Daerah Kabupaten Garut. Untuk menjawab masalah diatas maka diangkat indicator sensasi, atensi, interpretasi untuk variabel persepsi, fakta isi berita, objektifitas, keseimbangan isi berita, kelengkapan isi berita, keauratan isi berita untuk variabel kualitas isi berita. Tipe penelitian adalah kuantitatif, metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, studi pustaka dan internet searching. Populasi (N=30) adalah wartawan pemerintah daerah kabupaten Garut. Teknik sampling menggunakan total sampling. Teknik analisa data adalah pengeditan data, pemberian ode, buku koding (cooding book) dan lembar koding ((cooding sheet), tabulasi data, pengolahan data koefisien korelasi Ran Spearman, dan mengolah data menggunakan Software Statistical Program For Social Science (SPSS Version 19.0). Hasil penelitian adalah 1) Hubungan sensasi terhadap kualitas isi berita sebesar (-0,499) adalah tidak cukup berarti, tidak valid dan tidak signifikan. 2) Hubungan Atensi terhadap Kualitas isi berita sebesar ((0,479)) adalah cukup berarti, valid dan signifkan. 3) Interpretasi terhadap kualitas isi berita sebesar (0,210) adalah tidak cukup berarti, tidak valid dan tidak signifikan. 4) hubungan persepsi terhadap fakta isi berita sebesar (0,227) adalah tidak cukup berarti, tidak valid dan tidak signifikan. 5) Hubungan persepsi terhadap objektifitas berita sebesar (0,312) adalah tidak cukup berarti, tidak valid dan tidak signifikan. 6) Hubungan persepsi terhadap keseimbangan isi berita sebesar (0,371) adalah cukup berarti, valid dan signifikan. 7) persepsi terhadap kelengkapan isi berita sebesar (0,133) adalah tidak cukup berarti, tidak valid dan tidak signifikan. 8) Hubungan persepsi terhadap keakuratan isi berita sebesar (0,176) adalah tidak cukup berarti, tidak valid dan tidak signifikan. Kesimpulan penelitian adanya hubungan antara persepsi terhadap ualitas isi berita sebesar (0,362) adalah cukup berarti, valid dan signifikan. Saran Penelitian adalah hendaknya dalam website Pemda Kabupaten Garut dibuat klasifikasi berita agar memudahkan pembaca untuk memilih topic berita yang akan dibaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persepsi wartawan, website pemerintah kabupaten garut, kuantitatif, analisis deskriptif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15677

Actions (login required)

View Item View Item