Strategi Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah (SETDA) Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Indramayu Melalui Kegiatan Pembinaan Dan Pengembangan Sumber Daya Komunikasi Dan Informasi Dalam Meningkatkan Citra Di Kalangan Masyarakat Kabupaten Indramayu

Rayindra Putri, Meillyn (2012) Strategi Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah (SETDA) Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Indramayu Melalui Kegiatan Pembinaan Dan Pengembangan Sumber Daya Komunikasi Dan Informasi Dalam Meningkatkan Citra Di Kalangan Masyarakat Kabupaten Indramayu.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Strategi Humas dan Protokol SETDA PEMKAB Indramayu melalui kegiatan pembinaan dan pengembangan sumber daya komunikasi dan informasi dalam meningkatkan citra di kalangan masyarakat Kabupaten Indramayu. Tipe penelitian adalah kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) orang, dengan 4 (empat) orang informan penelitian dan 3 (tiga) orang informan kunci. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi literatur, internet searching, triangulasi data dan sumber pustaka lainnya. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembinaan dan pengmbangan sumber daya komunikasi dan informasi yang telah dilaksanakan Humas dan Protokol dengan baik dan dijadikan strategi dalam meningkatkan citra di kalangan masyarakat Kabupaten Indramayu setelah adanya revisi peraturan Bupati mengenai kemitraan wartawan daerah, pada kegiatan ini Pemerintah mempunyai program pendidikan pembelajaran Al Quran, dalam penulisan berita wartawan tidak pernah diarahkan oleh Pemerintah dan Pemerintah melakukan pengawasan pada kegiatan ini melalui facebook, website, dan kliping berita. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi Humas dan Protokol mampu meningkatkan citra Pemerintah melalui kegiatan pembinaan dan pengembangan sumber daya komunikasi dan informasi yang dalam pelaksanaannya melibatkan wartawan sebagai kontrol sosial dan masyarakat sebagai pendukung di dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Saran, Humas dan Protokol harus dapat memberikan informasi yang akurat, bisa dipertanggung jawabkan kepada masyarakat tentang persoalan-persoalan yang terjadi di Kabupaten Indramayu, bukan hanya menyampaikan yang positif, sisi negatif pun harus disampaikan agar ada sebuah perubahan pada Pemerintahan dengan terjun langsung pada setiap peliputan kegiatan Pemerintah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pencarian Fakta, Perencanaan, Berkomunikasi, Pengawasan atau evaluasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15696

Actions (login required)

View Item View Item