Daya Tarik Pesan Yang Disampaikan Oleh Penyiar Dalam Acara Opini Mahasiswa Jakarta (O.M.J) RRI Jakarta Pada Pendengarnya

Fauzan, Farly (2012) Daya Tarik Pesan Yang Disampaikan Oleh Penyiar Dalam Acara Opini Mahasiswa Jakarta (O.M.J) RRI Jakarta Pada Pendengarnya.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Daya Tarik Pesan Yang Disampaikan Oleh Penyiar Dalam Acara Opini Mahasiswa Jakarta (O.M.J) RRI Jakarta Pada Pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui daya tarik rasional, daya tarik emosional, dan daya tarik moral dari Pesan yang Disampaikan Oleh Penyiar Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) RRI Pada Pendengarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah staff Divisi Produksi, sedangkan informan diambil sebanyak 1 orang penyiar acara Opini mahasiswa Jakarta (OMJ) sebagai informan kunci, dan 3 orang mahasiswa dan masyarakat pendengar sebagai informan pendukung. Untuk pemilihan informan, menggunakan teknik sampling purposif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti mengumpulkan, menyeleksi, menyusun daftar pertanyaan dan kemudian dianalisis dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Tarik Rasional Pesan Acara Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) Yang Disampaikan Oleh Penyiar adalah melalui informasi aktual yang bisa memberikan pendengar pengetahuan dan wawasan baru. Selain itu, pendengar diberi ruang untuk menyampaikan aspirasinya. Daya Tarik Emosional acara Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) adalah penyajian acara yang bersifat interaktif dengan suasana acara yang rileks dan bersahabat, dan Daya Tarik Moral adalah dengan memberikan nasihat-nasihat dan pesan positif kepada pendengar sehingga pendengar memiliki ketertarikan mendengarkan. Kesimpulan dari Daya Tarik Pesan Yang Disampaikan Oleh Penyiar Program Acara Opini Mahasiswa Jakarta adalah penyampaian pesan yang aktual, interaktif, dan mampu memahami apa yang dirasakan pendengar merupakan daya tarik dari program acara opini mahasiswa jakarta, selain itu juga butuh kemampuan analisis dalam memilih tema yang tepat, pengetahuan yang cukup luas, pandai bergaul, dan tidak sombong merupakan kunci dari daya tarik pesan yang disampaikan penyiar. Saran dari peneliti bagi acara Opini Mahasiswa Jakarta agar ditambahkan durasinya, diselingi dengan lagu-lagu agar suasana tetap rilexs dan menarik, serta diadakan seminar-seminar di kampus, dan tidak lupa untuk memberikan apresiasi kepada pendengar dengan berupa hadiah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: daya tarik pesan, opini mahasiswa jakarta, analisis deskriptif, pendekatan kualitatif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item