Sistem informasi Pelayanan Kamar Di Hotel Astria Graha BANDUNG

Susanto, Noto (2010) Sistem informasi Pelayanan Kamar Di Hotel Astria Graha BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hotel Astria Graha Bandung adalah salah satu hotel melati di Bandung yang memiliki tingkat hunian yang cukup tinggi yaitu antara 70 % sampai 100%. Tetapi tingkat hunian itu tidak didukung dengan suatu sistem yang mampu menyajikan informasi hotel secara cepat dan akurat, sehingga arsip-arsipnya tidak tersimpan dengan baik dan terkadang ada data yang hilang. Oleh karena itu perlu adanya suatu sistem komputerisasi yang dapat membantu dalam pengolahan dan pemeliharaan data yang dimiliki hotel, sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan keakuratan informasi hasil pengolahan data hotel. Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada Hotel Astria Graha Bandung. Penulis membangun suatu sistem informasi pelayanan kamar Hotel di Astria Graha dengan mengunakan metode prototype . Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara dan Observasi. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dengan cara tanya jawab langsung dengan responden atau kepada pihak Hotel dan Observasi langsung turun kelapangan untuk melihat situasi dan keadaan yang ada. Pembuatan sistem ini juga memanfaatkan beberapa alat bantu perancangan sistem seperti flowmap, diagram konteks, data flow diagram, sedangkan untuk perancangan databasenya digunakan alat bantu seperti normalisasi, entity relational diagram, dan tabel relasi. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Visual Basic 6.0 dan SQL Server. Sistem informasi yang dibangun oleh penulis diharapkan dapat digunakan untuk mengolah data yang ada, dimulai pada saat reservasi, check in sampai proses tamu check out, sehingga dapat mempermudah dalam proses pencarian data, penghitungan biaya keseluruhan dan juga mempermudah dalam proses pembuatan laporan, sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja karyawan hotel dan juga meningkatkan mutu pelayanan hotel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hotel, Sistem informasi, Reservasi, Check in, Check out,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15707

Actions (login required)

View Item View Item