Hubungan Penyajian Tata Letak Halaman Muka Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat Terhadap Minat Baca Masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung

Andryandy, Tommi (2012) Hubungan Penyajian Tata Letak Halaman Muka Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat Terhadap Minat Baca Masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Hubungan Penyajian Tata Letak Halaman Muka Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat Terhadap Minat Baca Masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung. Sehingga peneliti mencoba menganalisis dari alat ukur yang akan dicapai yaitu: komposisi ukuran kolom, komposisi penempatan gambar, komposisi warna, penggunaan huruf, penggunaan garis dari Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat, serta perhatian, keinginan dan kesan baca dari masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sebagian besar data dikumpulkan melalui angket dan didukung dengan wawancara, dan studi pustaka. Untuk sampelnya adalah masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung, dengan jumlah sampel sebanyak sembilan puluh delapan responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik analisis data untuk melihat hubungan antar variabel adalah koefisien rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui korelasi antara penyajian tata letak halaman muka Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat terhadap minat baca masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung memiliki korelasi cukup kuat dengan besaran 0,442. Hubungan antar indikator dan variabel bersifat searah dan signifikan. Ini berarti jika semakin variatif tata letak halaman muka Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat maka semakin tinggi minat baca masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan penyajian tata letak halaman muka Harian Seputar Indonesia Biro Jawa Barat terhadap minat baca masyarakat Kecamatan Coblong Kota Bandung dengan korelasi yang cukup kuat dan signifikan. Saran peneliti untuk perusahaan, sebaiknya Harian Seputar Indonesia selalu mengubah tata letak halaman mukanya minimal setiap tiga bulan. Dengan tata letak yang terus di-update maka akan menyegarkan media itu sendiri dan tentu akan lebih menarik untuk dibaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: hubungan penyajian, pendekatan kuantitatif, survei, minat baca masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item View Item