Identitas Seksual Pasangan Gay Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Pembentukan Identitas Seksual Pasangan Gay Dalam Menjalin Komunikasi Antar Pribadi Di Antara Mereka Di Kota Bandung)

Gita Listian, Dita (2012) Identitas Seksual Pasangan Gay Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi Tentang Pembentukan Identitas Seksual Pasangan Gay Dalam Menjalin Komunikasi Antar Pribadi Di Antara Mereka Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan identitas seksual pasangan gay dalam menjalin komunikasi antar pribadi di antara mereka di Kota Bandung.. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut ini : latar belakang, eksternalisasi, objektivasi, internalisasi, dan pembentukan identitas seksual. Sub fokus tersebut untuk mengukur fokus penelitian, yaitu : pembentukan identitas seksual pasangan gay. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi fenomenologi, Subjek penelitiannya adalah pasangan gay. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 4 (empat) pasang gay, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci yang berjumlah 3 (tiga) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Latar belakang pembentukan identitas seksual gay didasarkan pada faktor baik secara internal dan eksternal, 2. Dalam eksternalisasi adanya pengaruh budaya lingkungan terhadap pembentukan identitas seksual gay juga terdapat bahasa tubuh atau simbol khusus yang digunakan dalam proses pembentukan identitas seksual pasangan gay, 3. Dalam objektivasi pasangan gay membedakan identitas seksualnya tidak hanya melalui hubungan seksual tetapi juga dari sikap dan sifat dominan yang dimiliki oleh masing-masing di antara mereka, 4. Dalam internalisasi adanya pengaruh sosialisasi primer dan sekunder terhadap pembentukan identitas seksual pasangan gay, 5. Pembentukan identitas seksual perihal peran maskulin dan feminin dalam pasangan gay yang tidak hanya terbentuk dari pola hubungan seksual tetapi dari sisi sifat dan perilaku yang dimiliki seorang gay terhadap pasangannya. Kesimpulan pembentukan identitas seksual menunjukkan pesan deliveryis ditafsirkan bersama-sama dengan tujuan khusus untuk memilah peran feminin dan maskulin dalam kehidupan pasangan gay. Saran untuk pasangan gay untuk tetap menjaga norma agama, susila, dan moral yang ada, masyarakat tidak seharusnya mengucilkan atau melecehkan gay, bagi peneliti selanjutnya untuk membuat ini penelitian lebih spesifik, contoh komunikasi ruang, komunikasi sentuh, proksemik pada pasangan gay, dan lebih kaya literatur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Identitas, Pasangan, Gay Seksual
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15723

Actions (login required)

View Item View Item