Sistem Informasi Pelayanan Pasien Di Puskesmas Lembang

Purnawan, Kiki (2010) Sistem Informasi Pelayanan Pasien Di Puskesmas Lembang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Puskesmas Lembang merupakan instansi pelayanan kesehatan yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Sistem pelayanan pasien yang berjalan di Puskesmas Lembang, khususnya pada loket pendaftaran, pemeriksaan umum dan tata usaha masih dirasa belum optimal karena sistem yang digunakan masih bersifat manual dengan tingkat kunjungan pasien yang tinggi setiap harinya. Dari hal tersebut ditemui beberapa kendala dalam proses pencarian data pasien, rekapitulasi pemakaian obat dan rekapitulasi kunjungan. Untuk itu, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menangani masalah tersebut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui sistem yang berjalan, membuat perancangan, melakukan pengujian dan implementasi sistem informasi pelayanan pasien. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk membantu pegawai dalam memberikan keyamanan pelayanan terhadap pasien dan menambah wawasan pengetahuan teori maupun praktek serta sumbangan pemikiran bagi peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen-dokumen yang terdapat di Puskesmas Lembang. Metode pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien pada Puskesmas Lembang menggunakan pendekatan terstruktur dengan metode Waterfall, sedangkan alat yang digunakan dalam merancang sistem berupa Flow Map, Diagram Kontek, DFD (Data Flow Diagram). Bahasa pemrograman yang digunakan Visual Basic 6.0 dan pengembangan aplikasi database menggunakan MySQL Server 5.0. Pengembangan sistem informasi pelayanan pasien dari hasil penelitian diharapkan mampu mengatasi kendala yang dihadapi Puskesmas Lembang. Sistem dibangun dengan model koneksi client-server sehingga mengintegrasikan beberapa unit. Proses pendaftaran lebih cepat, mengurangi terjadinya redudansi data, tingkat keamanan data lebih terjamin dan pembuatan laporan lebih efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, puskesmas, pasien
Subjects: D3 Tugas Akhir > Manajemen Informatika > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15734

Actions (login required)

View Item View Item