Presentasi Diri Pramuria Di Kalangan Mahasiswi Di Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Pramuria Di Kalangan Mahasiswi Di Kota Bandung)

Evalina, Mariska (2012) Presentasi Diri Pramuria Di Kalangan Mahasiswi Di Kota Bandung (Studi Dramaturgi Mengenai Presentasi Diri Pramuria Di Kalangan Mahasiswi Di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Presentasi Diri Seorang Pramuria dikalangan Mahasiswi di Kota Bandung, untuk menjawab masalah penelitian diatas maka diangkat sub fokus Panggung depan dan Panggung belakang untuk mengamati fokus penelitian yaitu Presentasi Diri. Tipe Penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan dramaturgi, Subjek penelitian adalah seorang mahasiswa yang berprofesi sebagai pramuria, dengan teknik sampling purposive ditetapkan dua orang, informan utama tiga orang informan pendukung, untuk menguji keabsahan data dilakukan uji keabsahan data menggunakan uji uji credibility. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi, internet searching dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa panggung depan seorang Pramuria mereka hampir semuanya dapat memainkannya dengan baik, mulai dari presentasi diri mereka dari cara berpakaian mereka yang menyerupai mahasiswi pada umumnya namun tetap memakai barang branded, lalu cara mereka bersosialisasi dengan temannya yang sedikit tertutup, dan mereka juga menggunakan bahasa yang sopan, berbeda dengan panggung belakang, dan dimana dipanggung belakang ini mereka mengekspresikan diri mereka sesungguhnya, dari mulai cara berpakaian yang minim, berpakaian branded, dan lebih terbuka pada saat mereka berada dilingkungan seprofesi. Kesimpulan bahwa Presentasi diri seorang Pramuria tidak dapat dilihat secara umum, karena mereka pintar menyembunyikan diri mereka sebenarnya, mereka bermain rapih, pandai menyembunyikan jati diri mereka agar tidak dipandang rendah oleh orang lain. Saran penelitian diharapkan orangtua lebih mengontrol kegiatan dan merangkul anaknya supaya tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: presentasi diri, pramuria, kualitatif, pendekatan dramaturgi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item View Item