Komunikasi Non Verbal Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung (Studi Deskriptif Tentang Pengelolaan Komunikasi Non Verbal Oleh Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Pada Pengguna Jalan Dalam Membantu Kelancaran Arus Lalu L

Riski Rahardianto, Moh (2012) Komunikasi Non Verbal Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung (Studi Deskriptif Tentang Pengelolaan Komunikasi Non Verbal Oleh Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Pada Pengguna Jalan Dalam Membantu Kelancaran Arus Lalu L.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Komunikasi Non Verbal Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung. Sub fokus dari penelitian ini yaitu Penampilan dan Pakaian, Gerakan dan Postur Tubuh, Ekspresi Wajah, Kontak Mata. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metodi studi deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Polisi Lalu lintas Kepolisian Resor Kota Besar Bandung. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan utama penelitian berjumlah 4 orang dan untuk memperjelas serta memperkuat data dengan adanya informan kunci yang berjumlah 2 orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penampilan dan Pakaian yang digunakan polisi lalu lintas dapat dilihat oleh seseorang serta dapat menimbulkan tanggapan dari orang lain yang melihatnya. Gerakan dan Postur Tubuh yang dilakukan oleh polisi lalu lintas itu terdiri 12 macam gerakan pengaturan dan setiap gerakan juga memiliki arti serta fungsi tersendiri. Ekpresi Wajah yang ditunjukan kepada pengguna jalan dengan ekspresi wajah 3S (Senyum, Sapa, Salam). Kontak Mata yang diperlihatkan polisi lalu lintas kepada pengguna jalan dengan kontak mata yang bersahabat. Kesimpulan Pengelolaan komunikasi non verbal oleh polisi lalu lintas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh polisi lalu lintas untuk dapat mengelola bentuk komunikasi non verbal dengan baik dan benar kepada pengguna jalan. Saran untuk polisi lalu lintas harus lebih sabar menghadapi para pengguna jalan serta berusaha lebih dekat dengan masyarakat dan selalu menjaga citra baik kepolisian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komunikasi non verbal, kualitatif, studi deskriptif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15804

Actions (login required)

View Item View Item