Citra Diri Penyanyi Wanita Ketika Tampil Di Atas Panggung (Study Dramaturgis Dengan Pendekatan Interaksi Simbolik Tentang Citra Diri Penyanyi Dangdut Wanita Di Kota Cimahi)

Purnama, Rissa (2012) Citra Diri Penyanyi Wanita Ketika Tampil Di Atas Panggung (Study Dramaturgis Dengan Pendekatan Interaksi Simbolik Tentang Citra Diri Penyanyi Dangdut Wanita Di Kota Cimahi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Citra Diri seorang penyanyi dangdut wanita ketika tampil di atas panggung. Penelian ini menggunakan Studi Dramaturgis dengan Pendekatan Interaksi Simbolik. Dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah enam orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi berperan serta, studi literatur, studi dokumentasi, dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyanyi dangdut wanita dapat memainkan peran yang berbeda dalam kehidupannya, ketika berada dipanggung depan mereka hampir semuanya memerankan panggung depan dengan baik, mulai dari pencitraan diri dari cara berpakaian minim, make up berlebihan, dan juga mereka menampilkan goyangan yang sesuai dengan irama musik. Mereka melakukan itu dengan sengaja agar di pandang sebagai penyanyi dangdut professional. Berbeda dengan panggung tengah, dimana mereka melakukan latihan rutin, dan mencoba berbagai macam tata rias, baju, dan memadupadankan goyangan dengan lagu yang akan di bawakan. Kemudian pada tahap ini juga mereka melakukan atau proses pencitraan diri, agar pandangan penonton sesuai dengan yang di harapkan. Sedangkan pada panggung belakang mereka menunjukan karakter asli mereka menjalani kehidupan seperti ibu rumah tangga atau mahasiswa seperti biasanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Citra diri penyanyi dangdut wanita dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu tergantung dari bagaimana mereka ingin di pandang oleh orang lain. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya para penyanyi dangdut lebih profesional dan menambah jadwal latihan serta dapat memperbaiki komunikasi diantara anggota sesama crew.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: citra diri, studi dramaturgis, pendekatan interaksi simbolik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15815

Actions (login required)

View Item View Item