Strategi Komunikasi Indonesia Football Fansclub (IFFA) Melalui Futsal Dalam Mempererat Hubungan Antar Fans Club Bola Di Kota Bandung

Sula, Fridsal (2012) Strategi Komunikasi Indonesia Football Fansclub (IFFA) Melalui Futsal Dalam Mempererat Hubungan Antar Fans Club Bola Di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Indonesian Football Fansclub Association (IFFA) Melalui Futsal Dalam Mempererat Hubungan Antar Fans Club Bola Di Kota Bandung. Untuk menjawab strategi tersebut maka peneliti mengangkat sub fokus tujuan, rencana, kegiatan, pesan, dan media untuk mengukur fokus penelitian. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, metode penelitian adalah deskriptif (descriptive reaserch). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi langsung kelapangan, studi literature, internet searching, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah enam orang yang mengetahui tentang adanya futsal yang dilakukan oleh Indonesian Football Fansclub Association (IFFA). Teknik yang digunakan adalah purposive sampling (teknik sampel bertujuan) dimana sampel diambil dengan melalui pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Sebelum melakukan wawancara, peneliti terlebih dahulu menyusun pertanyaan wawancara sesuai dengan apa yang akan diteliti. Jawaban yang diperoleh dari hasil wawancara kemudian dianalisis dan dibahas pada pembahasan. Penelitian menunjukan bahwa Indonesian Football Fansclub Association (IFFA) memiliki tujuan yang sebelumnya telah direncakan melalui Futsal dalam Dalam Mempererat Hubungan Antar Fans Club Bola Di Kota Bandung. Dalam kegiatannya, Indonesian Football Fansclub Association (IFFA) menghasilkan citra positif dari masyarakat untuk mereka. Pesan didalam promosi melalui Futsal memiliki gaya pesan yang formal dan memiliki 2 bentuk pesan yaitu persuasif dan informatif. Media yang digunakan pun efektif dalam menyampaikan informasi Futsal dari Indonesian Football Fansclub Association (IFFA). Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan bahwa Strategi Komunikasi Indonesian Football Fansclub Association (IFFA) Melalui Futsal tidak terlepas dari tujuan, rencana, kegiatan, pesan, dan juga media yang dipakai atau digunakan untuk mencapai suatu tujuan akhir yaitu Mempererat Hubungan Antar Fans Club Bola Di Kota Bandung. Saran Agar Indonesian Football Fans Club Association (IFFA) bisa berinovasi terhadap kegiatannya. Bukan hanya futsal tetapi kegiatan yang berhubungan dengan olahraga lainya. Artinya, Kegiatan itu bisa berupa Olahraga Basket, Badminton ataupun Futsal khusus perempuan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Futsal, Strategi Komunikasi, Fans Club Bola, Kota Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15833

Actions (login required)

View Item View Item