Strategi Komunikasi Tour Leader CV. Laksana Indah Untuk Bersama (Lainuba) Tour Organizer Dalam Kegiatan Study Comparative

Widiana, Baktiar (2012) Strategi Komunikasi Tour Leader CV. Laksana Indah Untuk Bersama (Lainuba) Tour Organizer Dalam Kegiatan Study Comparative.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Tour Leader CV. Laksana Indah Untuk Bersama (Lainuba) Tour Organizer dalam kegiatan Study Comparative. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mengangkat sub fokus pada penelitian ini yaitu mengenal khalayak, penyusunan pesan, penetapan metode, dan penggunaan media. Sub fokus tersebut berguna untuk menjawab pertanyaan makro, yaitu : Bagaimana Strategi Komunikasi Tour Leader Lainuba Tour Organizer dalam kegiatan Study Comparative. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan penelitian berjumlah 3 (tiga) orang dan informan kunci yang berjumlah 1 (satu) orang. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, Member Checking, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan Study Comparative ini, Tour Leader Lainuba Tour Organizer, telah melakukan proses mengenal khalayak peserta Study Comparative, penyusunan pesan, penetapan metode yang digunakan, penggunaan media sejak perencanaan, selama diperjalanan dan pada saat kegiatan berlangsung sesuai dengan realita dilapangan. Simpulan dari penelitian ini adalah peserta Study Comparative ini adalah terdiri dari mahasiswa tingkat I dan II, berusia 19-21 tahun, mayoritas wanita, beragama Islam, Pesan yang disampaikan adalah penetapan anggaran biaya, menentukkan tema kegiatan, menentukkan tempat kunjungan, rundown, semua tour leader menggunakan metode penyampaian berdasarkan isi, yaitu metode informatif, metode edukatif, metode persuasif, dan metode koersif, media yang digunakan media komunikasi dan media seni dan hiburan. Saran untuk tour leader CV. Laksana Indah Untuk Bersama (Lainuba) Tour Organizer selalu adakan briefing sebelum kegiatan berlangsung dan evaluasi setelah kegiatan berlangsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Deskriptif, Tour Leader Lainuba
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item