Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Pengucapan Kata Pada Penderita Down Syndrome Menggunakan Teknologi Voice Recognition (studi Kasus Di Sekolah YPAC)

Sagala, Theresia (2016) Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Pengucapan Kata Pada Penderita Down Syndrome Menggunakan Teknologi Voice Recognition (studi Kasus Di Sekolah YPAC).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Metode pengajaran yang dilakukan untuk anak penderita down syndrome berbeda dengan anak-anak normal lainnya dibutuhkan suatu cara belajar yang berbeda dan menarik untuk merangsang daya ingatnya sehingga mereka tidak bosan. Sekolah khusus YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) merupakan salah satu sekolah untuk menangani anak-anak yang berkebutuhan khusus, salah satunya adalah anak-anak down syndrome anak downsydrome membutuhkan suatu cara belajar yang berbeda dan menarik untuk merangsang daya ingatnya sehingga mereka tidak bosan. Solusi pembelajaran yang digunakan Voice Recognition, Voice Recognition merupakan teknologi yang digunakan untukmengidentifikasi suara. Teknologi Speech recognition merupakan proses yang dilakukan komputer untuk identifikasi suara yang diucapkan oleh seseorang tanpa memperdulikan identitasnya. Teknologi speech recognition ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat.Berdasarkan hasil pengujian pengucapan kata yang dilakukan pada anak down syndrome dan hasil wawancara maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran menggunakan teknologi voice recognition bahwa dapat membantu siswa dan guru dalam proses belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pengucapan Kata, Voice recognition, Down syndrome, Teknologi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item