Pengaruh Program Aplikasi SIDJP (Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Seksi Pelayanan Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang

Achmad Rudini, Asep (2010) Pengaruh Program Aplikasi SIDJP (Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Seksi Pelayanan Di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program Aplikasi SIDJP di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang digunakan sebagai alat penunjang untuk memperlancar tugas kerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang, di mana data tentang hak dan kewajiban perpajakan diolah menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pimpinan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan yang tepat, sehubungan dengan kinerja karyawan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang yang berkaitan dengan masalah perpajakan, khususnya dalam pendaftaran nomor pokok wajib pajak (NPWP) dan pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden terhadap Program Aplikasi SIDJP, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Program Aplikasi SIDJP di KPP Pratama Soreang dalam melakukan Pendaftaran NPWP dan Pelaporan SPT tahunan kepada wajib pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 responden/ pemakai program aplikasi SIDJP dalam satu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang. Peneliti mengambil teknik pengambilan sampel adalah sensus dengan alasan dikarenakan jumlah populasi < 30, dimana mencatat semua elemen yang diselidiki, jadi menyelidiki semua objek, semua gejala, semua kejadian atau peristiwa, dan yang dihasilkan adalah nilai karakteristik sesungguhnya (true value). Analisis data menggunakan Korelasi Pearson Product Moment, Uji Regresi, Koefisien Determinasi, dan uji t, dengan menggunakan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Aplikasi SIDJP berada pada kategori cukup atau sedang dan searah serta signifikan dalam meningkatkan Kinerja Karyawan, Program Aplikasi SIDJP berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, dibuktikan dengan hasil perhitungan t-hitung > t tabel (5,061 > 2,492) dengan tingkat hubungan yang sangat kuat dan searah dan besar pengaruh 39,31% sedangkan sisanya 60,69% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti antara lain kompetensi karyawan, keramahan, kebijakan KPP Pratama Soreang, dan ketepatan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Program Aplikasi SIDJP (Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak), dan Kinerja Karyawan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item