Sistem Informasi Pengelolaan Anggota Dan Data Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Dana Pensiun Telkom

Adha Kamadjaja, Siti (2016) Sistem Informasi Pengelolaan Anggota Dan Data Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Dana Pensiun Telkom. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem dari koperasi ini adalah untuk menghimpun dan menyalurkan dana dalam bentuk satu pinjam dari anggota ke anggota lainnya yang membutuhkan dengan prosedur atau mekanisme yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Salah satunya koperasi simpan pinjam di Dana Pensiun Telkom. Di dalam pelaksanaan koperasi terdapat kegiatan pengelolaan data anggota, data simpan, dan data pinjam yang dilakukan oleh koperasi yaitu ketua, sekertaris, bendahara, dan seksi simpan pinjam. Sistem informasi koperasi pada penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dan Terstruktur. Metode Deskriptif yaitu pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Metode Terstruktur yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu Metode Prototype. Alat bantu proses perancangan sistem yang digunakan untuk menggambarkan model sistem diantaranya Flowmap, Diagram Konteks, DFD (Data Flow Diagram) level 1 dan DFD level 2, Kamus Data, dan ERD (Entity Relational Diagram). Sedangkan dalam pembangunan aplikasi database menggunakan MySQL (XAMPP) dan aplikasi dengan bahasa pemrograman Java. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu pengelolaan anggota dan data simpan pinjam di koperasi dengan otomatis, sehingga kendala yang dihadapi saat ini bisa diselesaikan dengan baik, cepat, tepat dan akurat dalam proses data anggota, data simpanan, dan data peminjaman, diupayakan agar sistem ini dapat terintegrasi dengan sistem di Koperasi Pegawai Dapen Telkom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi pengelolaan anggota dan data simpan pinjam, sistem informasi, koperasi, database.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16008

Actions (login required)

View Item View Item