Strategi Komunikasi Bagian CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Melalui "SUN Mobil Unit Layanan Gizi Ibu Dan Balita" Dalam Memberikan Wawasan Mengenai Gizi Seimbang Kepada Ibu Hamil Dan Menyusi Di Kecamatan Cililin

Annisa Ristiani, Ilona (2012) Strategi Komunikasi Bagian CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Melalui "SUN Mobil Unit Layanan Gizi Ibu Dan Balita" Dalam Memberikan Wawasan Mengenai Gizi Seimbang Kepada Ibu Hamil Dan Menyusi Di Kecamatan Cililin.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Bagian CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Indofood CBP Sukses Makmur Dalam Memberikan Wawasan Menganai Gizi Seimbang Kepada Ibu Hamil dan Menyusui di Kecamatan Cililin. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mengangkat indikator sebagai sub fokus pada penelitian ini yaitu tujuan, rencana, kegiatan, pesan dan media. Pendekatan Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sedangkan teknik pengumpalan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah Bagian CSR PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang terdiri 4 (empat) orang dan diluar Bagian CSR terdiri dari 4 (empat) orang informan kunci. Hasil penelitian yang telah dilakukan terbukti adanya tujuan yakni implementasi Undang-undang tanggung jawab sosial perusahaan, menyadarkan pentingnya gizi seimbang dan peranan posyandu, serta mengurangi kematian pada ibu melahirkan, rencana yang dilakukan Bagian CSR adalah melakukan observasi, kerjasama dengan Kader Posyandu dan Desa, dan persiapan produk/bingkisan, kegiatan yang dilakukan SUN Mobil dimulai dari tahap persiapan hingga pemutaran video, penyuluhan, pemerikasaan, pembagian produk/bingkisan dan donasi, pesan yang disampaikan pada Ibu Hamil dan Menyusui adalah pentingnya asupan gisi seimbang, menyadarkan akan pentingnya Posyandu dan pemberian ASI Eksklusif, dan media yang digunakan terdiri dari alat bantu LCD TV, Papan Piramida Gizi Seimbang dan Leaflet. Kesimpulan Penelitian adalah Strategi Komunikasi Bagian CSR PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. dalam Memberikan Wawasan Menganai Gizi Seimbang telah dilakukan dimulai dari tujuan, perencanaan, proses pelaksanaan kegiatan, penyampaian pesan dan penggunaan media. Saran penelitian untuk perusahaan jangkauan diperluas, waktu penyuluhan lebih lama dan persiapan yang lebih matang, untuk masyarakat lebih peka dan cakap dalam pemenuhan gizi seimbang, serta bagi penelitian selanjutnya, lebih mengembangkan sub fokus penelitian, lebih teliti dan memperbanyak bacaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Corporate Social Responsibility, SUN Mobil Unit Layanan Mengenai Gizi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item