Perancangan Sign System Objek Wisata Maribaya

Sali Ranggi, Sangga (2010) Perancangan Sign System Objek Wisata Maribaya.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam pembangunan pariwisata, Objek dan Atraksi wisata merupakan sasaran utama. Mereka adalah penyebab utama motivasi wisatawan mengunjungi tempat wisata alasan lain karena dalam pengembangannya perlu terfokus secara terpadu. Misalnya, bila daya tarik wisata ingin berhasil jadi tempat kunjungan wisatawan, hendaknya pembangunannya terpadu dengan sarana dan prasarana misalnya transportasi, fasilitas, kebersihan, akomodasi, keamanan dan lain-lain. Pada umumnya objek dan atraksi wisata dapat berupa unsur-unsur budaya seperti kesenian, tari-tarian, monumen-monumen peninggalan sejarah termasuk tempat-tempat peribadatan, makam-makam buhun, adat istiadat masyarakat tertentu, dan lain-lain. Objek lain yang barangkali masih belum atau kurang terjamah adalah objek wisata alam yang meliputi banyak hal. Misalnya keadaan iklim tropis yang dimiliki tanah air kita, udara panas, sejuknya alam pegunungan, tanah dan pemandangan sungai, danau, pantai, sumber air panas, hutan belukar, komoditas pertanian dan kelautan, serta berbagai jenis flora dan fauna. Di banding dengan negara-negara lain ternyata Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sangat potensial untuk dikelola dan dikembangkan secara baik. Namun memerlukan strategi promosi dan pengembangannya yang tepat sehingga jenis objek wisata yang satu ini lebih dikenal bagi para calon wisatawan, terutama wisatawan asing. Contoh nya yaitu Obyek Wisata Maribaya yang di kenal sebagai obyek wisata alam yang mempunyai kelebihan dari segi pemandangannya, udaranya yang segar, dan terdapat beberapa curug, pemandian air panas dan lainya. Maribaya memang merupakan salah satu objek wisata alam milik pemda Kabupaten Bandung Barat. Wisata Maribaya terletak di kecamatan lembang yang jaraknya 5 km dari kota lembang, 22 km dari pusat kota Bandung, tepatnya Jl. Raya Maribaya Lembang �¢���� Bandung. Wisata Maribaya mempunyai sejarah atau legenda yang menarik namun sayang tidak ada media informasi yang menampung itu semua untuk disampaikan pada masyarakat khususnya pengunjung objek wisata maribaya.Di butuhkan strategi informasi dengan menggunakaan bebagai macam alternatif media informasi yang mengena terhadap targetnya. Strategi informasi adalah salah satu masalah Obyek Wisata Maribaya. Promosi yang telah dilakukan oleh pihak Obyek Wisata Maribaya sendiri saat ini sudah cukup baik, namun penyebaran informasi yang dilakukan sangatlah kurang. Mulai dari kurangnya informasi mengenai fasilitas, sejarah, legenda dan informasi sign system. Di latar belakang masalah ini penulis mencoba untuk mengangkat pembahasan tentang perancangan media informasi. Sesuai dengan tema yang diangkat penulis yaitu �¢����Perancangan Sign System Obyek Wisata Maribaya�¢����

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perancangan Sign System Objek Wisata
Subjects: D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item