Strategi Unit Pelaksana Fungsional Kesehatan Jiwa Masyarakat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Family Gathering Dalam Upaya Meningkatkan Peran Serta Keluarga Dalam Proses Kesembuhan Pasien

Pratiwi, Nurul (2010) Strategi Unit Pelaksana Fungsional Kesehatan Jiwa Masyarakat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Family Gathering Dalam Upaya Meningkatkan Peran Serta Keluarga Dalam Proses Kesembuhan Pasien.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi UPF Keswamas RSJ Provinsi Jawa Barat dalam upaya meningkatkan peran serta keluarga dalam proses kesembuhan pasien melalui kegiatan family gathering. Dimulai dari proses operasional, perencanaan, bentuk komunikasi, dan tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan wawancara, studi pustaka dan penelusuran data online. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah karyawan UPF Keswamas RSJ Provinsi Jawa Barat yang berjumlah empat orang karyawan. Dari empat karyawan tersebut peneliti memilih dua karyawan sebagai informan dari penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pembahasan yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan family gathering yang diadakan oleh UPF Keswamas RSJ Provinsi Jawa Barat dalam upaya meningkatkan peran serta keluarga dalam proses kesembuhan pasien dilakukan mulai dari proses operasional sampai kepada tujuan dari kegiatan itu sendiri. Sedangkan kesimpulan yang didapatkan adalah strategi yang dijalankan dimulai dari proses operasional yang terdiri dari tahap pencarian fakta, kemudian merencanakan kegiatan tersebut, melaksanakannya, dan dengan tujuannya adalah untuk meningkatkan peran serta keluarga untuk membantu proses kesembuhan pasien. Saran yang dapat diberikan antara lain adalah menghadirkan games (permainan) dalam setiap pelaksanaan kegiatan family gathering, agar para peserta tidak bosan dengan hanya mendengarkan narasumber memberikan materi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Unit Pelaksana Fungsional, Kesehatan Jiwa
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item View Item