Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengolahan Datapasien Terhadap Pemeriksaan Laboratorium Pada UPTD Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku

Lesnussa, Meylan (2016) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengolahan Datapasien Terhadap Pemeriksaan Laboratorium Pada UPTD Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan globalisasi membawa dampak yang siknifikan bagi setiap lapisan masyarakat, terutama perkembangan teknologi yang banyak di butuhkan oleh setiap manusia, tak terkecuali dalam bidang pekerjaan seperti bidang kesehatan, dan lain-lain. Dalam hal ini pada Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku adalah pusat layanan pemeriksaan kesehatan laboratorium. Dimana setiap hari banyak masyarakat yang datang dari berbagai tempat untuk memeriksakan kondisi mereka untuk mendapatkan hasil kesehatan yang dibutuhkan, namun peningkatan kinerja pelayanan kesehatan masih belum maksimal dengan baik sesuai harapan masyarakat, karena sistem pencatatan data pasien masih dilakukan secara manual, sistem penyimpanan data pasien lama masih manual yang mana membutuhkan waktu dalam pencarian data pasien hal ini di anggap belum efektif,pengolahan data pemeriksaan pasien masih di anggap lama karena proses yang dilakukan. Oleh karena itu di buat system suatu informasi untuk membantu instansi terkait dalam mengatasi masalah dan membantu beberapa kesulitan yang ada. sistem pengolahan data pemeriksaan ini dibuat untuk membantu proses input pendataan pasien,proses penyimpanan data dan sebagainya secara terkomputerisasi. Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Provinsi Maluku, teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen. Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangan system informasi pengolahan data pemeriksaan pelayanan kesehatan berbasis dekstop yang dibuat menggunakan metode Prototype, dengan alat bantu pengembangan sistem berupa flowmap, diagram konteks, DFD dan alat perancangan database . Sedangkan pembuatan perangkat lunak dalam skripsi ini, penulis menggunakan perangkat lunak Java NeatBeans dan untuk database menggunkan My-SQL . Sistem komputerisasi ini dapat memudahkan proses transaksi, pelayanan kesehatan, dan diharapkan pula meningkatnya efektifitas kerja dari segi waktu, pelayanan dan peningkatan kualitas kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi,Pelayanan Kesehatan,pengolahan data.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16244

Actions (login required)

View Item View Item