Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMA Negeri 1 Bandung Menggunakan Metode AHP Dan Fuzzy AHP

Dwintan, Hana (2016) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada SMA Negeri 1 Bandung Menggunakan Metode AHP Dan Fuzzy AHP. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam suatu instansi Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat satu kurikulum yang menuntut siswa/i untuk memilih jurusan, yakni jurusan IPA dan IPS. Hal ini membantu para siswa/i agar menjadi suatu pedoman bagi mereka yang akan memilih jurusan ke jenjang kuliah nanti dan memilih pekerjaan atau karirnya untuk kedepannya. Penjurusan yang dilakukan adalah kepada siswa/i kelas X yang akan menginjak ke kelas XI, dimana kelas XI mereka hanya berfokus pada jurusan mereka masing �� masing.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bandung. Permasalahan pada penilitian ini adalah untuk pendukung keputusan memilih jurusan dengan menggunakan 2 metode, yakni metode AHP (Analytic Herarchy Prosess) dan FAHP (Fuzzy Analytic Hierarchy Process). Peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan guru yang bersangkutan dalam hal tersebut dan menyebarkan kuesioner AHP kepada siswa/i kelas X. Dari hasil observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner didapatkan hasil untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di sekolah mengenai penjurusan siswa/i kelas X. Dimana metode AHP merupakan data yang masih bersifat subjektif yakni dilihat dari minat dan bakat siswa dengan hasil jurusan IPA 82% dan IPS 18% sedangkan metode FAHP data yang sudah jelas yakni dilihat dari data nilai siswa dengan hasil IPA 90% dan IPS 10%. Dari hasil tersebut bahwa FAHP lebih mudah dipakai dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: AHP (Analytic Herarchy Prosess), FAHP (Fuzzy Analytic Herarchy Process), Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan SMA.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16256

Actions (login required)

View Item View Item