Analisis Keragaman Produk Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Tubagus Ismail Raya Bandung

Stianti, (2010) Analisis Keragaman Produk Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Tubagus Ismail Raya Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keragaman produk merupakan kumpulan seluruh produk dan barang yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli (Kotler, 2007:15). Hubungan antara keragaman produk dan perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sangat erat kaitannya pada kelangsungan penjualan suatu perusahaan. Menurut Asep (2005: 9) kondisi yang tercipta dari ketersediaan barang dalam jumlah dan jenis yang sangat variatif sehingga menimbulkan banyaknya pilihan dalam proses belanja konsumen. Seringkali konsumen dalam proses belanjanya, keputusan yang diambil untuk membeli suatu barang adalah yang sebelumnya tidak tercantum dalam belanja barang (out of purchase list). Keputusan ini muncul begitu saja terstimulasi oleh variasi bauran produk (assortment) dan tingkat harga barang yang ditawarkan. Penelitiian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai keragaman produk dan keputusan pembelian konsumen yang ada di Indomaret Tubagus Ismail Raya Bandung dan juga untuk mengetahui dampak keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Indomaret Tubagus Ismail Raya Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas keragaman produk dan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Indomaret Tubagus Ismail Raya Bandung secara simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 sampel. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa pertama, keragaman produk di Indomaret adalah beragam; kedua, konsumen memiliki minat beli yang baik terhadap produk-produk yang ditawarkan indomaret; dan terakhir keragaman produk mempunyai andil sebesar 20% terhadap dampak pada keputusan pembelian konsumen, sedangkan 80% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keragaman produk, keputusan pembelian.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

View Item View Item