Analisis Biaya Total Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk

Wahyu Pranata, Niko (2010) Analisis Biaya Total Dan Pengaruhnya Terhadap Laba Usaha Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Biaya Total yang terdiri dari biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum berperan penting dalam menentukan besarnya laba usaha yang diperoleh suatu perusahaan pada tahun tersebut. Suatu perusahaan diharapkan bisa menggunakan biaya dengan seefektif dan seefisien mungkin, agar laba yang diperoleh lebih maksimal. Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mengetahui biaya total yang terdiri dari biaya produksi, biaya pemasaran, dan biaya administrasi dan umum pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk . Kedua, untuk mengetahui perolehan laba usaha pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk .Ketiga,Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya total yang terdiri dari biaya produksi, biaya pemasaran, dan biaya administrasi dan umum baik secara parsial maupun simultan terhadap laba usaha pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya produksi (variabel X1), biaya pemasaran (variabel X2), biaya administrasi dan umum (variabel X3) terhadap laba usaha (variabel Y) digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Korelasi 3 prediktor, dan Koefisien Determinasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji t dan uji F dua pihak dengan ���± = 0,05. Berdasarkan analisis statistik, pengolahan data dengan menggunakan program SPSS versi 12.0 for windows, juga diperkuat dengan menggunakan perhitungan statistik secara manual maka diketahui secara parsial biaya total yang terdiri dari biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum terdapat hubungan dengan laba usaha, dan secara simultan terdapat hubungan yang sangat kuat antara biaya total dan laba usaha. Kesimpulan dari analisis statistik tersebut secara parsial Ho ditolak dan Ha diterima, harga t hitungnya masing-masing sebesar 1.060, -0.705, 2.260 dengan t tabel yaitu sebesar 2.262, harga t hitung lebih kecil dari harga t tabel artinya terdapat pengaruh tetapi tidak signifikan biaya produksi, biaya pemasaran, dan biaya administrasi dan umum terhadap laba usaha. sedangkan secara simultan Ho ditolak dan Ha diterima, dengan koefisien korelasi sebesar 0.98, koefisien determinasi sebesar 96.04%, dan harga F hitung 91.00 dengan F tabel 4.35, harga F hitung lebih besar dari F tabel artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya produksi, biaya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Biaya Total, Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Biaya Administrasi dan Umum, Laba Usaha
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item