Analisis Risiko Kegagalan Gadai Kredit Cepat Aman (KCA) Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung

Septilia Silalahi, Debora (2016) Analisis Risiko Kegagalan Gadai Kredit Cepat Aman (KCA) Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Pegadaian adalah Badan Usaha Milik Negara yang diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan kegiatan usaha menyalurkan uang pinjaman atas dasar hukum gadai. Sesuai dengan ketentuan dari Peraturan Pemerintah (PP) No. 103 tahun 2000, pegadaian menjalankan tugasnya dengan memberikan pelayanan kredit dengan jaminan gadai dan fidusia kepada masyarakat terutama yang status sosial golongan kecil dan menengah, dan memiliki sistem pelayanan yang tidak serumit bank dalam permohonan kreditnya. Namun terdapat juga risiko kesalahan atau kegagalan dalam proses gadai terutama gadai KCA (Kredit Cepat Aman). Oleh karena itu perlu adanya analisis risiko selama proses gadai mulai dari pengajuan gadai hingga pada proses pelunasan dan pengembalian barang jaminan.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif. Metode Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Fault free Analisys (FTA) dan State Transition Diagaram (STD)Hasil yang diharapkan dari penelitian ini untuk mengetahui resiko selama proses gadai KCA di PT PEGADAIAN (Persero). Sehingga kesalahan yang ada dapat di cegah dan di minimalisir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fault Tree Analisys (FTA), State Transition Diagaram (STD, kegagalan, kesalahan, gadai, Kredit Cepat Aman (KCA).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16379

Actions (login required)

View Item View Item