Audit Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 (Studi Kasus Pada RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung)

Hidayat, Taufik (2016) Audit Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Cobit 4.1 (Studi Kasus Pada RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dibagian Instalasi SIRS RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung yang merupakan Rumah Sakit rujukan se Jawa Barat. Dimana penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit sangat penting dan menjadi kunci keberhasilan dalam mengukur kualitas sistem dan kinerja pelayanan kesehatan. Fokus penelitian ini adalah tentang audit Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit berdasarkan COBIT 4.1 perspektif pelanggan. Dengan tujuan bisa menghasilkan rekomendasi terbaik dalam pengembangan sistem informasi saat ini dan yang diharapkan kedepannya. Bisa bermanfaat sebagai bahan evaluasi positif, bisa menambah wawasan dan pengetahuan pentingnya penerapan dan pengelolaan TI, serta sebagai kebutuhan informasi bagi semua pihak terkait tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang ada di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif yang berdasarkan Framework COBIT 4.1. Metode pengumpulan data penelitian dengan melakukan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner, serta dokumentasi. Metode analisis menggunakan alat bantu balanced scorecard (BSC) perspektif pelanggan dan maturity model berdasarkan COBIT 4.1. Pengolahan data penelitian menggunakan bantuan perangkat lunak Microsoft Office Excel 2013. Hasil dari penelitian ini adalah pengukuran dan penilaian indeks tingkat kepatuhan dan kematangan setiap level domain dan proses TI terpilih yang disesuaikan berdasarkan kondisi ideal yang telah di tetapkan pada Framework COBIT 4.1. Hasil temuan dari penelitian ini adalah manajemen belum memahami sepenuhnya arti pentingnya investasi pada bidang teknologi informasi, manajemen risiko yang belum dikelola dengan baik, belum adanya komite TI, jumlah dan kemampuan SDM TI yang masih kurang. Sehingga mengakibatkan kontrol teknologi menjadi lemah, biaya teknologi informasi yang tinggi tidak disertai dengan nilai balik dalam menigkatkan efektifitas, efisiensi dan keuntungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, Audit Sistem Informasi Manajamen Rumah Sakit, Framework COBIT 4.1 Perspektif Pelanggan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16396

Actions (login required)

View Item View Item