Perancangan Alat Ukur Untuk Menghitung Tingkat Curah Hujan Dengan Menggunakan Pengiriman Data Wireless

Afiandhie, Hafnie (2010) Perancangan Alat Ukur Untuk Menghitung Tingkat Curah Hujan Dengan Menggunakan Pengiriman Data Wireless. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Curah hujan sangat berpengaruh untuk menentukan pola cocok tanam, sistem pengairan pada pertanian, irigasi dan bendungan, serta pengendalian banjir dan bencana. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk perkiraan curah hujan pada suatu daerah. Dalam penelitian ini penulis mencoba membuat alat ukur untuk menghitung tingkat curah hujan dengan menggunakan pengiriman data wireless. Perancangan alat ini menggunakan satu buah sensor, yaitu penampung berjungkit (Tipping Bucket Rain Gauge) perangkat pengolah data dan pengubah data analog dari keluaran penampung berjungkit menjadi besaran listrik digital menggunakan mikrokontroler PIC 16F877A. Pengiriman data menggunakan modul radio YS-1020UB dengan pemancar dan penerima FM, sedangkan perangkat komputer digunakan untuk menampilkan informasi tingkat curah hujan menggunakan GUI (Graphical User Interface) dengan pemrograman Borland Delphi 7.0. Dalam pengiriman data, pemancar dan penerima FM menggunakan frequency 433 Mhz. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem perhitungan curah hujan dapat di ukur sampai jarak maksimum tanpa halangan sejauh 700 m. Tingkat curah hujan minimum yang mampu di ukur sebesar 0,5 mm dan untuk tingkat curah hujan maksimumnya tergantung lama dan besarnya curah hujan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil perhitungan curah hujan yang terukur dapat disimpan dalam database dan dikirimkan melalui modul radio secara periodik ke komputer pusat yang dituju tanpa harus datang ke lokasi pengukuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mikrokontroler PIC 16F877A, Penampung Berjungkit (Tipping Bucket Rain Gauge), Modul Radio YS-1020UB, Borland Delphi 7.0
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item