Rancang Bangunan Pemantauan Cuaca Lingkungan Dengan Pengukuran Curah Hujan,Suhu Dan Kelembaban Dilengkapi Perekaman Database

Umbara, Gelar (2010) Rancang Bangunan Pemantauan Cuaca Lingkungan Dengan Pengukuran Curah Hujan,Suhu Dan Kelembaban Dilengkapi Perekaman Database.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kebutuhan akan data tentang kondisi lingkungan sekitar telah mendorong manusia untuk membuat alat yang bisa mengukur kondisi lingkungan. Tiga diantara banyak data yang bisa diukur yang menjelaskan kondisi lingkungan adalah curah hujan, temperatur dan kelembaban. Pada tugas akhir ini dirancang dan diimplementasikan sebuah alat yang bisa mengukur curah hujan, temperatur dan kelembaban lingkungan. Sebagai sensor pengukur temperatur dan kelembaban digunakan SHT11, untuk curah hujan menggunakan Ranguage Tipe Tiping Bucket. SHT11 memiliki beberapa keuntungan diantaranya hanya membutuhkan dua buah sinyal untuk bekerja, keluaran hasil pengukuran telah digital, ukurannya kecil dan stabil untuk waktu yang lama. Alat yang dibuat terdiri atas dua bagian yakni pengirim (Mikrokontroler dan penerima PC). Arah komunikasi antara bagian pengirim dan penerima bersifat satu arah saja. Secara periodik pengukuran data kondisi lingkungan dilakukan di bagian pengirim dan dikirimkan ke bagian penerima. Pada bagian penerima data PC (Personal Computer) dimana setiap data dapat ditampilkan dan disimpan pada sebuah file. Mikrokontroler yang digunakan untuk mengontrol kerja bagian pengirim adalah ATMega32. Fungsi utama ATMega32 di pengirim adalah mengontrol kerja SHT11 dan Sensor Curah Hujan, dan mengirimkan hasil pengukuran ke penerima. Alat ini dapat mengukuran curah hujan, suhu dan kelembaban udara di lingkungan sekitar dalam detik, menit dan jam selain itu juga dapat menampilkan grafik history dan merekam data curah hujan, suhu dan kelembaban selama 24 jam menggunakan database SQL Server yang diakses menggunakan software Borland Delphi 7.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mikrokontroler ATMega32, sensor curah hujan, sensor suhu dan kelembaban, Sql Server, Borland Delphi 7.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16440

Actions (login required)

View Item View Item