Konstruksi Makna Cyberbullying Di Media Sosial Twitter Bagi Mahasiswa Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi tentang Konstruksi Makna Cyberbullying di Media Sosial Twitter bagi Mahasiswa di Kota Bandung)

Anandiko Priambudi, Dammar (2016) Konstruksi Makna Cyberbullying Di Media Sosial Twitter Bagi Mahasiswa Di Kota Bandung (Studi Fenomenologi tentang Konstruksi Makna Cyberbullying di Media Sosial Twitter bagi Mahasiswa di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengetahui Konstruksi Makna Cyberbullying di media sosial Twitter Bagi Mahasiswa di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pengetahuan, agama, dan budaya yang dipahami oleh mahasisiwa di Kota Bandung, motif mahasiswa di Kota Bandung dalam memaknai, Cyberbullying di media sosial Twitter, dan pengalaman mahasiswa di Kota Bandung dengan adanya Cyberbullying di media sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi fenomenologi dengan informan yang berjumlah 5 orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan internet searching. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pengetahuan, agama dan budaya yang dipahami oleh mahasiswa di Kota Bandung merupakan nilai-nilai yang bersumber dari apa yang telah diajarkan oleh orang tua dan lingkungan sekitar mereka. Motif mahasiswa dalam melakukan Cyberbullying di media sosial Twitter adalah karena didorong kondisi emosi atau perasaan yang sedang terjadi, serta keinginan untuk mendapatkan kepuasan diri. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Cyberbullying dimaknai oleh mahasiswa di Kota Bandung sebagai sebuah perilaku atau tindakan yang merupakan bentuk ekspresi kekesalan seseorang dan diluapkan kepada seseorang dengan cara mengejek atau mencemooh. Saran yang dapat peneliti berikan adalah mahasiswa sebagai kelompok intelektual gunakanlah media sosial sebagai fungsi yang sebenarnya, jangan sampai menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan Cyberbullying, khususnya pada media sosial Twitter.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying, Twitter, Fenomenologi, Konstruksi Makna
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item