Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Remaja Perokok (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Remaja Perokok Dalam Membentuk perilakunya Di Kota Cimahi)

Sari Riswanda, Nenden (2016) Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Remaja Perokok (Studi Deskriptif Mengenai Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Remaja Perokok Dalam Membentuk perilakunya Di Kota Cimahi).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pola Komunikasi Orang Tua Anak Dengan Remaja Perokok dalam Membentuk Perilakunya Di Kota Cimahi. Penelitian ini membahas tentang pola komunikasi dilihat dari proses ,hambatan dan pola komunikasi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Jumlah informan penelitian terhitung sebanyak 4 orang dan informan pendukung 1 orang dimana pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan penelusuran data online. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Proses komunikasi dari keempat keluarga yang diteliti kurang harmonis karena adanya suatu tekanan dari orang tua dengan anak dan kurangnya komunikasi tanpa tatap muka tanpa adanya kontak pribadi secara langsung, Hambatan komunikasi dari keempat keluarga juga mengalami kurangnya harmonis tidak ada feedback berarti ada yang tidak berjalan dengan baik dalam proses komunikasi, terjadi hambatan didalamnya sehingga komunikasi tidak berjalan dengan sempurna. Suatu hambatan akan sangat mengganggu proses komunikasi apabila didalamnya tidak ada rasa percaya antara satu sama lain. Kesimpulan penelitian, dapat disimpulkan pola komunikasi orang tua dengan remaja perokok dalam membentuk perilakunya di kota Cimahi, memperlihatkan pola komunikasi Authoritarian (cenderung bersikap bermusuhan) dan Permissive (Membebaskan). Saran dalam penelitian ini, pola komunikasi yang efektif digunakan untuk orang tua dengan remaja perokok di kota Cimahi adalah pola komunikasi authoritative yaitu demokratis. Sehingga komunikasi interpersonal antara orang tua dengan remaja perokok dapat terjalin harmonis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PolaKomunikasi, Orang Tua, Remaja.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16515

Actions (login required)

View Item View Item