Perilaku Komunikasi Perawatan Di RSUD Cibabat (Studi Fenomenologi Mengenai Perilaku Komunikasi Perawatan Dalam Melayani Pasien di Kelas VIP RSUD Cibabat di Kota Cimahi)

Herfianto, Luthfi (2016) Perilaku Komunikasi Perawatan Di RSUD Cibabat (Studi Fenomenologi Mengenai Perilaku Komunikasi Perawatan Dalam Melayani Pasien di Kelas VIP RSUD Cibabat di Kota Cimahi). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Perilaku Komunikasi Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi. Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dari perilaku komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang, terdiri dari informan inti 4 (empat) orang dan informan pendukung 2 (dua) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, studi lapangan, observasi, internet searching dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku komunikasi dilihat dari komunikasi verbal para perawat RSUD Cibabat adalah menggunakan Bahasa Indonesia dan menggunakan Bahasa Sunda setiap harinya, komunikasi nonverbal para perawat lebih sering menonjolkan berupa bahasa tubuh yaitu gerakan tangan dan kepala, ekspresi wajah serta kontak mata dan dalam hal ini terdapat jarak dan ruang yang cukup dekat ketika berinteraksi sehingga menimbulkan kedekatan. Dilihat dari penampilan fisik, busana yang digunakan adalah seragam berwarna merah muda dan wajib digunakan ketika mulai berangkat dari rumah ke rumah sakit hingga pulang kembali ke rumah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa perilaku komunikasi perawat melalui komunikasi verbal dan nonverbalnya saling berkaitan satu sama lain dan saling mendukung, lingkungan mempengaruhi cara berkomunikasi, penampilan fisik mengharuskan para perawat menggunakan seragam formal dan dilengkapi kartu tanda pengenal. Saran untuk para perawat ketika melayani pasien meliputi penggunaan pesan komunikasi verbal selain menggunakan Bahasa Indonesia juga disertai dengan penggunaan Bahasa Sunda dan bahasa sehari-hari. Untuk komunikasi nonverbal tetap mematuhi aturan SOP yang telah ditetapkan oleh pihak rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16519

Actions (login required)

View Item View Item