Pengaruh Keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal Jepang Terhadap Hubungan Bilateral indonesia -Jepang

Maulana, Nirwan (2010) Pengaruh Keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal Jepang Terhadap Hubungan Bilateral indonesia -Jepang.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah yang terjadi di negara-negara berkembang salah satunya adalah sempitnya lapangan pekerjaan. Penempatan TKI ke luar negeri merupakan program nasional dalam upaya peningkatan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya serta pengembangan kualitas sumber daya manusia. Pengiriman TKI masih berlangsung ke negara-negara ekonomi maju di sekitar Asia, salah satunya adalah ke Negara Jepang. pengiriman TKI ke Jepang merupakan salah satu kerjasama yang dilakukan antara Indonesia-Jepang yang terangkum dalam EPA (Economic Partnership Agreement). Hipotesis dalam penelitian ini Keberadaan TKI ilegal di Jepang mempengaruhi hubungan bilateral Indonesia - Jepang terutama dalam kerjasama pengiriman TKI, salah satu indikasinya adalah pernah adanya penghentian pengiriman TKI ke Jepang. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif-Analisis, yaitu mendeskripsikan tentang kondisi TKI ilegal di Jepang dan menjelaskan hubungan bilateral Indonesia-Jepang sejak awal sampai saat ini dan menganalisa pengaruh keberadaan tenaga kerja Indonesia ilegal di Jepang terhadap hubungan bilateral Indonesia-Jepang. Berdasarkan hasil penelitian, keberadaan TKI ilegal mempengaruhi hubungan bilateral Indonesia-Jepang terutama terutama dalam kerjasama pengiriman TKI, indikasinya adalah adanya penghentian pengiriman TKI ke Jepang. Seperti yang telah terjadi pada tahun 2009 lalu yang dimana kerjasama pengiriman TKI sempat dihentikan dikarenakan Jepang merasa proses pelatihan atau pemagangan untuk Tenaga Kerja Indonesia belum berjalan efektif, Karena masih banyak TKI yang kabur dari pelatihan sehingga mereka tidak mempelajari bidang pekerjaannya dan juga tidak mempelajari langsung bahasa, kebudayaan, disiplin kerja, dan etika sosial di Jepang sehingga mereka tidak terampil dalam pekerjaannya dan statusnyapun menjadi TKI Ilegal. hal ini sangat bertentangan dengan regulasi Jepang yang hanya mengizinkan pekerja terampil untuk bekerja di Jepang. Hal-hal tersebut yang mengakibatkan sehingga pengiriman TKI ke Jepang sempat dihentikan. Hal tersebut tentunya diharapkan tidak terjadi kembali agar kerjasama tersebut tetap terus dijalin tanpa adanya masalah-masalah serta hambatan sehingga tujuan dari adanya kerjasama antara kedua negara dapat terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis Keberadaan TKI ilegal di Jepang mempengaruhi hubungan bilateral Indonesia - Jepang tersebut teruji.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lapangan pekerjaan, kerjasama, keberadaan TKI ilegal di Jepanglapangan pekerjaan, kerjasama, keberadaan TKI ilegal di Jepang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16638

Actions (login required)

View Item View Item