Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Web Untuk Produk Satelit Pada PT. Indonesia Telekomunikasi Satelit Jakarta

Putra, Mardiansyah (2010) Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Berbasis Web Untuk Produk Satelit Pada PT. Indonesia Telekomunikasi Satelit Jakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Indonesia Telekomunikasi Satelit (Indotelsat) adalah sebuah perusahaan yang didirikan untuk memberikan jasa konsultasi dan pemenuhan sarana komunikasi data, suara dan gambar serta internet melalui media satelit yang lebih dikenal dengan sebutan Very Small Aparture Terminal (VSAT). Salah satu produk VSAT yang disediakan Indotelsat yaitu VPN-IP VSAT yang melayani komunikasi data dan suara yang dapat digunakan untuk online sistem dari kantor pusat ke kantor cabang atau antar kantor cabang. Dengan online sistem ini, pertukaran data dapat dilakukan secara real-time sehingga update informasi yang penting guna mengambil keputusan dapat diperoleh dengan cepat dan akurat. Tetapi dalam penyajian informasi tentang perusahaan dan produk-produk Indotelsat saat ini masih menggunakan media brosur, sehingga informasi yang disajikan cenderung terbatas dan membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit. Begitu pula dengan pelayanan terhadap konsumen, khususnya dalam memperoleh informasi tentang produk-produk yang ditawarkan ataupun dalam melakukan pemesanan masih kurang efektif. Dalam hal memperkenalkan perusahaan dan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen khususnya dalam memperoleh informasi dan melakukan pemesanan, diperlukan suatu aplikasi berbasis web sebagai alat untuk pemberi dan pelayanan informasi. Web dipilih dikarenakan media ini bisa memberikan informasi secara maksimal, bisa diakses tanpa mengenal jarak, tempat dan waktu, serta bisa diakses oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Metode pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah menggunakan metode pendekatan berorientasi objek dengan menggunakan prototype sebagai metode pengembangannya. Alat yang digunakan untuk merancang sistem yaitu UML(unified modeling language), activity diagram, use case diagram, sequence diagram, collaboration diagram, dan class diagram. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi, Sedangkan aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sistem yaitu PHP dan MySQL. Penelitian ini diharapkan dapat merancang dan membuat sistem informasi pemesanan yang lebih baik, bisa dilakukan kapan dan dimana saja, serta dapat meningkatkan pelayanan perusahaan terhadap konsumen khususnya dalam memperoleh informasi dan pemesanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Pemesanan, Web
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16672

Actions (login required)

View Item View Item