Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Efektivitas Pengendalian Piutang (Studi Kasus Pada PT. Adira Finance Bandung)

Harrys Tupanwael, Jhon (2010) Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terhadap Efektivitas Pengendalian Piutang (Studi Kasus Pada PT. Adira Finance Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk menunjang keberhasilan perusahaan dalam kegiatan perdagangan nya maka perusahaan memerlukan pengendalian yang efektif untuk mengendalikan piutang dagang perusahaan, dan perusahan harus memiliki sistem yang dibuat untuk memudahkan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan penjualan yaitu sistem informasi akuntansi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi penjualan, piutang dan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian piutang pada PT Adira Finance Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah sistem informasi akintansi penjualan dan efektivitas pengendalian piutang di PT Adira Finance Bandung. Metode yang digunakan adalah sampel jenuh sebanyak 30 responden. Untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian piutang, digunakan analisis statistik yaitu dengan menggunakan perhitungan koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, uji t dan juga menggunakan aplikasi SPSS 14.0 for windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Hasil penelitian secara kualitatif menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan sudah baik, begitu pula dengan efektivitas pengendalian piutang sudah baik, dan hasil penelitian secara kuantitatif menunjukan besarnya pengaruh sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian piutang sebesar 40%, dan sisanya sebesar 60% dijelaskan variabel lain di luar sistem informasi akuntansi penjualan, seperti penyusunan anggaran, biaya bunga, maupun tingkat keuntungan atau laba perusahaan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Pengendalian Piutang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item