Implementasi SMS Gateway Pada Sistem Informasi Simpanan Dan Kredit Di Koperasi Syariah BMT (Baitul Maal watTamwil) Al-Barkah Bandung

Faridl, Miftah (2012) Implementasi SMS Gateway Pada Sistem Informasi Simpanan Dan Kredit Di Koperasi Syariah BMT (Baitul Maal watTamwil) Al-Barkah Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Banyak kendala yang ditemui dalam pengembangan Koperasi Syariah BMT Al-Barkah tanpa adanya Sistem SMS Gateway, yaitu sulitnya mengetahui simpanan kredit nasabah apabila harus datang langsung kekantor Koperasi Syariah BMT Al-Barkah karena dibatasi jarak dan waktu. Serta sulitnya memberitahukan transaksi sukses atau gagal kepada nasabah setelah melakukan transaksi juga menjadi kendala. Nasabah yang semakin bertambah dan menginginkan informasi yang cepat dan mudah, mengharuskan perusahaan juga harus menyajikan informasi secara cepat dan mudah guna memenuhi kebutuhan informasi kepada nasabah. Waterfall adalah metode pengembangan yang digunakan dalam merancang aplikasi SMS Gateway yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan, serta melakukan pendekatan secara terstruktur dengan perangkat bantu pengembangan menggunakan ERD, normalisasi basisdata, diagram konteks, serta DFD (Data Flow Diagram). Dalam pengembangan aplikasi SMS Gateway ini dibutuhkan perangkat lunak pendukung Apache sebagai web server, PHP sebagai bahasa pemrograman berbasis Web dan MySQL sebagai basisdata. Langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan yaitu melakukan perancangan SMS Gateway tersebut, membangun program aplikasi yang telah dirancang, dan melakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut. Aplikasi yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan dikarenakan dapat membantu nasabah dalam melakukan transaksi via SMS Gateway serta memberikan informasi mengenai simpanan dan kredit nasabah. Aplikasi yang dibangun dapat mengurangi kesulitan Nasabah dalam bertransaksi dikarenakan tidak perlu datang langsung ke kantor Koperasi Syariah BMT Al-Barkah tapi cukup menggunakan fasilitas SMS Gateway. Serta aplikasi yang dibangun dapat memberikan kemudahan dan relatif cepat dalam memberikan informasi karena cukup dilakukan melalui SMS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Transaksi, Waterfall, SMS Gateway
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item