Sistem Informasi Simpan Pinjam Untuk Para Guru Berbasis Client Server Di Kperasi Pegawai Republik Indonesia Hemat Pangkal Bahagia (KPRI-HPB) Pangandaran Kabupaten Ciamis

Lina, Neneng (2010) Sistem Informasi Simpan Pinjam Untuk Para Guru Berbasis Client Server Di Kperasi Pegawai Republik Indonesia Hemat Pangkal Bahagia (KPRI-HPB) Pangandaran Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koperasi KPRI HPB merupakan badan usaha yang mempunyai fungsi membantu masyarakat khususnya guru-guru. Namun Pada KPRI HPB banyak sekali kendalanya misalnya proses transaksi simpan pinjam masih dilakukan secara manual, sehingga memperlambat sistem, proses pembuatan laporan sangat lambat, adanya kesulitan dalam pencarian data simpanan dan pinjaman anggota, belum efektifnya penyimpanan data simpanan dan pinjaman sehingga banyak data yang hilang. Untuk itu penulis bertujuan untuk mengetahui sistem informasi simpan pinjam yang sedang berjalan saat ini di Koperasi KPRI HPB, membuat perancangan sistem informasi simpan pinjam pada koperasi, melakukan analisis dan pengujian program pada koperasi, dan Untuk melakukan implementasi sistem informasi simpan pinjam pada Koperasi KPRI HPB. Adapun kegunaan dari perancangan sistem ini adalah akan mempermudah proses transaksi simpan pinjam dan pembuatan laporan tentang simpan pinjam dan dapat mengatasi masalah yang ada di koperasi, dan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam upaya perbaikan masalah yang terkait dengan sistem informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriftif Analis. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode SDLC (system development life cycle), dan untuk pendekatan sistem menggunakan Diagram Konteks, DFD, Kamus Data, Normalisasi, Relasi Tabel dan ERD, sedangkan untuk pembuatan aplikasinya menggunakan Delphi 7.0 dan databasenya menggunakan MySQL_Front. Dengan dibangunnya sistem Simpan Pinjam yang sudah terkomputerisasi dan berbasis client server, diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada didalam Koperasi KPRI HPB Pangandaran ini, diantaranya mempermudah proses pencarian data anggota dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Simpan Pinjam
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16792

Actions (login required)

View Item View Item