ANALISIS PENILAIAN KONSUMEN MENGENAI ATMOSFER TOKO PADA BLANK WEAR CLOTHING CO CABANG AH NASUTION BANDUNG

Priyo Pranoto, Agung (2010) ANALISIS PENILAIAN KONSUMEN MENGENAI ATMOSFER TOKO PADA BLANK WEAR CLOTHING CO CABANG AH NASUTION BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan perekonomian di Indonesia semakin menarik terutama di sektor retail dengan persaingan yang akan semakin tinggi karena kemungkinan pesaing dari Luar Negeri melakukan kegiatannya di Indonesia. Pengusaha Indonesia saat ini secara agresif melakukan ekspansi untuk memperluas wilayah usahanya untuk menyaingi pengusaha retail dari Luar negeri dan ini menjadi salah satu indikator bahwa perkembangan industri retail memiliki prospek yang cukup baik. Indikator lain yang menjadi tolak ukur berkembangnya bisnis retail adalah tingkat hunian pusat perbelanjaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di satu sisi keadaan ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi pihak konsumen, karena banyaknya pilihan yang ditawarkan sehingga memungkinkan konsumen untuk memilih toko yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Agar perusahaan dapat unggul atau bahkan dapat bertahan dan terus berlangsung, perusahaan memerlukan filosofi baru. Tidak bisa dipungkiri dalam 5 tahun terakhir ini Bandung menjadi salah satu tujuan wisata terpenting bagi wisatawan domestic, terutama untuk urusan liburan keluarga. Kehadiran FO (factory outlet), BO (boutique outlet), distro (distribution outlet) yang terus bertumbuhan di Bandung menjadi salah satu daya tarik utama. Saat ini diperkirakan ada sekitar 300-an tempat belanja semacam itu di Bandung. Dari sekian banyak pilihan factory outlet dan distribution outlet yang ada, banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih factory outlet tertentu. Masing-masing konsumen memiliki harapan yang berbeda mengenai produk apa yang akan dibeli, dimana mereka akan membelinya, dengan harga berapa produk tersebut dibeli dan suasana bagaimana yang mereka harapkan. Distro Blank Wear adalah salah satu perusahaan ritel berbasis Distro yang menawarkan produk seperti baju, celana, sepatu, sandal dan assesories lainnya. Di Bandung perusahaan Blank Wear memiliki 2 cabang diantaranya berada di JL AH. Nasution, dan JL Sultan Agung. Blank Wear yang berada di Jalan AH. Nasution merupakan pusatnya dan daerah ini jauh dari pusat kota bandung. Perusahaan yang menjadi pesaing Blank Wear sangat banyak, perusahaan ini juga mencari cara agar menarik konsumen sebanyak-banyaknya agar mau mampir dan melakukan transaksi jual beli di tokonya. Oleh karena itu agar konsumen tetap loyal walaupun lokasi toko yang jauh dari pusat kota, Blank Wear harus mencari cara untuk bisa mempertahankan konsumen. Salah satu cara untuk mempertahankan konsumen dengan cara mengatur suasana toko sebaik mungkin terutama bagian exterior dan general interior pada Blank Wear agar para konsumen yang datang bisa merasa nyaman dan mau kembali untuk melakukan transaksi pembelian. Atmosfer Toko sebagai salah satu sarana komunikasi dapat berakibat positif dan menguntungkan dibuat sedemikian menarik. Tetapi sebaliknya mungkin dapat menghambat. Suatu pemasaran yang dilakukan retail karena konsumen akan merasa nyaman berbelanja jika Atmosfer toko atau suasana lingkungan tokonya mendukung. Minimal konsumen atau calon konsumen akan merasa betah berlama-lama berbelanja didalam toko dan semakin memperbesar peluang konsumen untuk melakukan pembelian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Konsumen
Subjects: D3 Tugas Akhir > Manajemen Pemasaran > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:55
Last Modified: 16 Nov 2016 07:55
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item View Item