Implementasi Kebijakan Sistem Aplikasi Pangkalan Data Dan Informasi Berbasis Web (Padati Web) Di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Cimahi

Robiandi, Mario (2012) Implementasi Kebijakan Sistem Aplikasi Pangkalan Data Dan Informasi Berbasis Web (Padati Web) Di Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem Aplikasi Padati Web telah diimplementasi di Kota Cimahi untuk memperoleh gambaran atas keberhasilan dan keefektifan performance (pengoperasian) Padati Web dalam mendukung pendataan pendidikan. Masalah yang terjadi dalam pendataan ataupun pengelolaan data adalah kurang cepatnya proses pembaharuan data dan informasi pendidikan yang ada di lingkungan Kota Cimahi. Hal ini terjadi akibat adanya kesalahan dalam proses pengumpulan data, terkadang setiap sekolah yang memberikan datanya tidak mengisi lengkap kuesioner sehingga memperlambat proses pembaharuan datanya. Sehingga pelaksanaan proses penerapan kebijakan ini belum sepenuhnya berhasil, karena permasalahan yang timbul masih kerap saja terjadi, diantaranya belum optimalnya SDM dalam proses pendataan, dan kurangnya pemahaman proses Padati Web. Teori yang digunakan adalah Implementing Policy yang dikemukan oleh Edward III dalam buku Implementing Public Policy. Berdasarkan teori tersebut untuk mencapai implementasi kebijakan dilihat dari Communication, Resources, Dispositions, dan Bureaucratic Structure yang mempengaruhi proses implementasi secara langsung maupun tidak langsung, melalui interaksinya satu sama lain. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik Pengumpulan data yaitu melalui studi lapangan yang terdiri wawancara, observasi, dan dokumentasi serta studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Sistem Aplikasi Pangkalan Data dan Informasi Berbasis (Padati Web) di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Cimahi yang di tentukan oleh komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Pada pelaksanaannya komunikasi berjalan cukup baik, Hal ini dipertegas dengan adanya kebijakan yang jelas dan konsisten yang dilaksanakan oleh aparatur dalam menjalankan komunikasi mengenai proses pengelolaan data melalui Sistem Aplikasi Padati Web dilaksanakan dengan baik oleh aparatur. Sumber daya berjalan cukup baik, Hal ini dipertegas dengan adanya komponen kemampuan sumber daya yang satu sama lain saling berkesinambungan. Sikap aparatur dinilai cukup baik, pada pengelolaan data pendidikan aparatur menjalankan sesuai dengan tugas yang diberikan untuk mengelola data pendidikan melalui Sistem Aplikasi Padati Web aparatur juga diberikan insentif yang sesuai. Struktur birokrasi berjalan cukup baik sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga sudah tepat sasaran dan kewenangan yang dilakukan sesuai dengan struktur birokrasi yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan Sistem Aplikasi Padati Web
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:55
Last Modified: 16 Nov 2016 07:55
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/17716

Actions (login required)

View Item View Item