Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Gambar Digital Dengan Teknik Watermaking Menggunakan Metode SVD (Singular Value Decomposition)

Akbar, Fazlur (2011) Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Gambar Digital Dengan Teknik Watermaking Menggunakan Metode SVD (Singular Value Decomposition). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan dalam dunia digital dan perangkat-perangkat lainnya yang serba digital, telah membuat data digital banyak digunakan, Seiring dengan semakin meluasnya jaringan multimedia, maka proses pengiriman dan pengaksesan dari data digital juga semakin mudah. Dengan adanya kemudahan ini tentu saja setiap orang dapat secara bebas saling bertukar informasi yang mereka inginkan. Akan tetapi di sisi lain hal ini membawa masalah baru dalam hal kepemilikan untuk suatu data seperti citra asli atau juga disebut dengan Hak Cipta. Salah satu metode yang dikembangkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah digital Watermarking. Watermarking merupakan suatu bentuk dari Steganography (teknik untuk menyembunyikan suatu informasi pada suatu media tanpa perubahan yang berarti pada media tersebut) dengan menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD) dalam proses watermarking dimana metode ini merupakan teknik yang digunakan berdasarkan nilai Korelasi watermark yang diekstrak Aplikasi ini diuji dengan Tipe data Gambar dengan berbagai ukuran, serta menguji hasil dari Proses watermarking dan proses Scanning watermark. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi lebih baik digunakan terhadap file dengan tipe data gambar .jpg dan juga .bmp karena nilai PNSR yang dihasilkan lebih tinggi dari tipe data gambar lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: watermarking, Data Gambar, Metode SVD, Ekstraksi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:55
Last Modified: 16 Nov 2016 07:55
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item