Sistem Informasi Geografis Gempa Bumi Merusak Di Indonesia Pada Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Berbasis web

Nur Akbar, Kris (2011) Sistem Informasi Geografis Gempa Bumi Merusak Di Indonesia Pada Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Berbasis web.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu penerapan perangkat lunak yang dapat menampilkan informasi posisi letak gempabumi dan posko bencana secara visual baik data realtime maupun data history ialah sebuah perangkat lunak yang memanfaatkan teknologi berbasis web. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi adalah satu unit dilingkungan Badan Geologi, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral yang diberikan tugas melaksanakan perumusan kebijaksanaan, standardisasi, bimbingan teknis dan evaluasi bidang vulkanologi dan mitigasi bencana alam geologi. Belum adanya sistem yang dapat mengelola informasi kegempaan dan posko di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ini menimbulkan informasi yang dimiliki satuan ini tidak terserap oleh masyarakat luas. Metode pengembangan sistem yang digunakan oleh penulis menggunakan metode waterfall. Metode pengembangan sistem ini merupakan urutan kegiatan/aktivitas yang dilakukan dalam pengembangan sistem dimulai dari perumusan masalah, analisa kebutuhan, perancangan, implementasi, uji sistem, penerapan dan pemeliharaan. Perancangan proses prototipe sistem informasi geografis gempabumi merusak menggunakan usecase diagram, activity diagram, deployment diagram, sequence diagram dan class diagram. Perancangan program menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL dan menggunakan mapserver sebagai server. Prototipe perangkat lunak yang dibangun menghasilkan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pihak internal dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana ini. Dari hasi penelitian yang dilakukan dengan tujuan membangun perangkat lunak ini, maka informasi mengenai bencana gempabumi dan posko bencana diharapkan dapat menambah informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem, waterfall, informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18019

Actions (login required)

View Item View Item