Aplikasi Data Mining Menggunakan Metode Decision Tree Untuk Pemantauan Distribusi Penjualan Sepeda Motor Di PD. Wijaya Abadi Bandung

Adi Swara, Jaka (2011) Aplikasi Data Mining Menggunakan Metode Decision Tree Untuk Pemantauan Distribusi Penjualan Sepeda Motor Di PD. Wijaya Abadi Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PD. Wijaya Abadi Bandung adalah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli dan juga mendistribusikan sepeda motor bermerek Honda terhadap konsumen perorangan maupun perusahaan. Seiring terus berlalunya proses transaksi distribusi, datapun akan terus terbentuk hingga bertumpuk-tumpuk sehingga perusahaan kesulitan untuk menganalisa data guna meningkatkan strategi pendistribusian sepeda motor. Dari data tersebut perusahaan ingin adanya pengolahan data lebih lanjut untuk menemukan informasi/pengetahuan baru yang berguna. Informasi yang diinginkan pihak perusahaan adalah bersifat pengklasifikasian keterkaitan suatu perusahaan target pendistribusiannya dengan atribut tipe motor dan kode warna yang ada pada data distribusi penjualan sepeda motor. Untuk mendapatkan informasi tersebut secara lebih cepat dan efisien perlu kiranya suatu bantuan teknologi informasi, dalam hal ini yaitu data mining. Data mining merupakan metode pencarian informasi (pengetahuan) baru yang terkandung dalam data yang sangat besar. Deicision Tree merupakan salah satu metode klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal dalam penerapan data mining. Pemilihan metode ini didasarkan pada informasi yang ingin diperoleh yaitu informasi yang bersifat klasifikasi. Keuntungan dalam metode ini adalah efektif dalam menganalisis sejumlah besar atribut dari data yang ada dan mudah dipahami oleh pengguna akhir. Hasil keluaran dari aplikasi ini adalah informasi yang bersifat klasifikasi dalam bentuk Decision Tree. Aplikasi ini dapat menguji nilai dari atribut untuk mengetahui pola aturan dari pendistribusian yang ada sehingga perusahaan mempunyai bekal pengetahuan dalam mendistribusikan sepeda motor ke perusahaan target pendistribusiannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Data Mining, Atribut, Klasifikasi, Decision Tree
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item View Item