Aplikasi Pengenalan Dan Pembelajaran Akord Gitar Berbasis Web (studi kasus pada kursus gitar di gentra rineka)

Bagja H, Purwangga (2011) Aplikasi Pengenalan Dan Pembelajaran Akord Gitar Berbasis Web (studi kasus pada kursus gitar di gentra rineka).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada Tugas Akhir ini dirancang dan dibuat Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Akord Gitar Berbasis Web dengan menerapkan Algoritma Fast Fourier Transform pada salah satu aplikasi yang dibuat. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa Pemrograman PHP dan Java. Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Akord Gitar dibuat sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah dalam aktifitas pembelajaran akord gitar. Aplikasi ini dibuat dalam bentuk website dan bentuk desktop. Pada aplikasi website bertujuan untuk sarana informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran akord gitar, selain itu terdapat pengolahan data yang dilakukan oleh pengajar dalam mengelola data murid, materi, dan data soal. Pada aplikasi desktop bertujuan sebagai media pembelajaran yang mengutamakan praktikal. Akord gitar merupakan kumpulan dari tiga nada atau lebih dan membentuk sebuah nada dalam bentuk akord. Sebuah akord sudah memiliki sebuah ketetapan frekuensi, sehingga dalam hal ini tidak ada proses pengenalan sinyal atau masukan suara yang baru untuk diubah ke dalam bentuk frekuensi. Aplikasi desktop menggunakan algoritma Fast Fourier Transform untuk beberapa proses pendeteksian masukan nada yang masuk. Algortima ini dimanfaatkan untuk menganalis dan menyeleksi berapa besaran frekuensi yang dihasilkan dari sebuah masukan nada pada gitar untuk disesuaikan dengan ketetapan frekuensi standar pada sebuah nada. Proses sound recognition tersebut terdapat pada gitar tuning, latihan dan game.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pengenalan dan Pembelajaran Akord Gitar Berbasis Web, Fast Fourier Transform, Akord, Online.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item