Perancangan Dan pembangunan Network Attached Storage Sebagai Data Center Akademik Sekolah Dasar (Studi Kaus : Gugus Sekolah 45 Bandung)

Benaya Lesar, Gilby (2016) Perancangan Dan pembangunan Network Attached Storage Sebagai Data Center Akademik Sekolah Dasar (Studi Kaus : Gugus Sekolah 45 Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Network Attached Storage adalah sebuah perkembangan teknologi dari file server. NAS merupakan server dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan berkas data. Sedangkan Gugus Sekolah adalah sebuah lembaga/organisasi sebagai pusat pengembangan sekolah dasar disekitarnya yang memiliki tujuan meningkatkan mutu pendidikan. Gugus Sekolah 45 Bandung merupakan salah satu Gugus Sekolah di Kota Bandung yang memiliki sebelas SD Imbas dan satu SD Inti yang berada di Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Bandung. Gugus Sekolah 45 Bandung memiliki permasalahan dalam pendistribusian data, pengumpulan data dan penyimpanan data dengan SD imbas dan SD inti. Pendistribusian data dan pengumpulan data masih dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan flashdrive atau CD dan Gugus 45 juga tidak memiliki storage khusus. Maka dari itu dibuatkan sistem yang dapat membantu dalam hal penyimpanan, pendistribusian dan pengumpulan data yaitu pembangunan Data Center berbasis NAS (Network Attached Storage) dengan menggunakan metode PPDIOO sebagai metode pengembangan sistemnya. Hal ini tentunya harus didukung dengan infrastruktur minimum yang telah dilakukan dalam tahap analisis. Dengan dibangunnya Data Center berbasis NAS ini, membantu pengawas, operator gugus, operator sekolah, kepala sekolah beserta KKG di Gugus 45 beserta sekolah dasar dalam melakukan pengelolaan data yang dilakukan. Dan tentunya hal ini membuat pengelolaan data di Gugus Sekolah 45 beserta SD imbas menjadi efisien dalam hal waktu dan data center yang dibangun dapat menjamin ketersediaan data bagi user.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: NAS (Network Attached Storage), PPDIOO, Gugus Sekolah, Data Center
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item