Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Sepeda Motor Injeksi Untuk SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor (Studi Kasus SMK Prakarya Internasional)

Nurul Ardhan, Cepi (2016) Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Sepeda Motor Injeksi Untuk SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor (Studi Kasus SMK Prakarya Internasional).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pembelajaran Teknik Sepeda motor di SMK Prakarya Internasional Bandung memiliki beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru teknik otomotif di jurusan teknik sepeda motor di SMK Prakarya Internasional Bandung Bapak Wawan Gunawan, S.T.menyatakan bahwa SMK Prakarya Internasional Bandung memiliki dua ruangan kerja praktek yaitu lab engine dan lab komputer, fasilitas yang ada sudah cukup lengkap, namun pada perangkat mesin dengan teknologi injeksi masih kurang, karena mahalnya perangkat yang digunakan untuk praktek pada sepeda motor dengan teknologi injeksi, selain itu alat-alat peraga yang ada masih sangat terbatas, sehingga kegiatan praktek yang dilakukan menjadi tidak efektif dan sering terjadi kesalahan sehingga mengakibatkan komponen atau sparepart menjadi rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Tersedianya laboratoriun jaringan komputer disekolah tentunya dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Kondisi tersebut dapat dipenuhi dengan adanya sebuah solusi yaitu dengan membangun sebuah media pembelajaran sepeda motor injeksi untuk smk jurusan teknik sepeda motor. Materi dengan menggunakan simulasi pada media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif pembelajaran karena siswa dapat merasa bermain sambil belajar. Berdasarkan hasil pengujian yang terdiri dari pengujian black-box dan beta pada pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif sepeda motor injeksi ini terdapat peningkatan dalam evaluasi nilai siswa dan memenuhi kebutuhan pengguna dalam membantu belajar tentang sepeda motor injeksi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknik Sepeda Motor, Simulasi, Media Pembelajaran.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item