Analisis Penerapan Metode Persentase Penyelesaian dan Metode Kontrak Selesai Terhadap Laba Operasi (Studi Kasus Pada Pt. Dok & Perkapalan Kodja Bahari)

Kurniawan, Erwin (2011) Analisis Penerapan Metode Persentase Penyelesaian dan Metode Kontrak Selesai Terhadap Laba Operasi (Studi Kasus Pada Pt. Dok & Perkapalan Kodja Bahari).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada kontrak konstruksi jangka panjang, pendapatan dapat diakui dengan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai. Berdasarkan PSAK maupun IAS mengharuskan penggunaan metode persentase penyelesaian untuk mengakui pendapatan yang merupakan bagian dari tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba yang optimal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai terhadap laba operasi pada kontrak konstruksi kapal tanker 6300 DWT yang dikerjakan oleh Galangan III PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari (Persero). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis komparatif. Untuk mengetahui jumlah pendapatan yang diakui berdasarkan metode persentase penyelesaian serta laba operasinya menggunakan teknik sampling purposive yaitu data dari laporan perhitungan laba rugi perusahaan. Kemudian jumlah pendapatan dan laba operasi dianalisis dengan pendekatan kuantitatif yaitu regresi linier untuk mengetahui pengaruhnya. Selain itu digunakan analisis komparatif yaitu T-Paired Sample Test untuk membandingkan laba yang diperoleh dengan masing-masing metode. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diketahui pendapatan kontrak dengan metode persentase penyelesaian lebih berpengaruh terhadap laba operasi daripada dengan menggunakan metode kontrak selesai. Perbandingan laba operasi dengan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai berbeda namun tidak signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengakuan pendapatan, metode persentase penyelesaian, metode kontrak selesai, dan laba operasi)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item